ngopi

Sektor Pertanian di Kubar Dikucur Rp 18 M dari Pemprov

Kubar, nomorsatukaltim.com – Pengembangan sektor pertanian di Kutai Barat terus digalakkan. Tahun ini, Pemkab Kubar melalui Dinas Pertanian mendapat alokasi bantuan Rp 18 miliar dari Pemprov Kaltim untuk pengadaan pupuk cair.

Kepala Dinas Pertanian Kubar, Petrus mengatakan, besaran kucuran anggaran tersebut nantinya akan digunakan pada sektor perkembangan pertanian. Tidak hanya tanaman kebun, juga untuk tanaman pangan dan hortikultura.

“Ini adalah bukti keseriusan pemerintah untuk membantu meningkatkan produksi pertanian,” ungkap Petrus.

Penyaluran bantuan pupuk cair, ditarget segera terselesaikan tahun ini. Namun, setelah dilakukannya proses verifikasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang sudah dibentuk timnya. Selanjutnya baru akan ditetapkan kelompok tani yang berhak menerimanya.

Dijelaskannya lagi, penerimanya berdasarkan CPCL, lalu didistribusikan kepada petani yang bersangkutan yang tergabung dalam kelompok tani.

“Ada petani ada pula lokasinya,” jelasnya.

Ia menangkis, jika penyaluran pupuk tidak serta merta hanya memberikan pada kelompok tani tapi tidak jelas penerima dan lokasi lahan atau kebunnya.

Untuk diketahui, cara penggunaan dan pemanfaatan pupuk cair tergolong mudah atau tidak terlalu sulit. Maka dari itu, pupuk organik ini diharapkan bisa meningkatkan hasil produksi pertanian. Hal ini dilakukan karena potensi pertanian di Kubar berpotensi hasil mumpuni disektornya.

Terlebih, hal ini salah satu fokus kerja dari kunjungan Gubernur Kaltim Isran Noor, beberapa waktu lalu saat meninjau pertanian dan perkebunan di Kubar. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply