Lagi, 1 Pasien COVID-19 Kutim Meninggal Dunia

Kutim, nomorsatukaltim.com – COVID-19 di Kutim kembali menelan korban jiwa. Kali ini korban jiwa berasal dari Puskesmas Teluk Lingga, Sangatta Utara.

Tercatat satu pasien meninggal dunia dalam kondisi positif COVID-19 pada data harian yang dirilis Dinas Kesehatan Kutim per Rabu, 23 Juni 2021. Pasien merupakan seorang laki-laki berusia 49 tahun, sehingga menjalani rawat inap di RSUD Kudungga.

Pada 22 Juni 2021 pukul 17.00 Wita, pasien mengalami henti nafas dan henti jantung sehingga 15 menit, kemudian dinyatakan meninggal dunia. Dengan penambahan kasus ini, jumlah kumulatif meninggal dunia di Kutim menjadi sebanyak 129 kasus.

Untuk menekan penularan COVID-19, dibutuhkan kekebalan kelompok yang tercipta di masyarakat. Salah satu solusi yang sedang dijalankan pemerintah untuk menciptakan kekebalan kelompok, adalah dengan gencar menyosialisasikan vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi COVID-19 ini kita lakukan secara massal agar terbentuk kekebalan di tubuh masyarakat terhadap virus itu,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani Hasanal saat dikonfirmasi.

Kekebalan tidak serta merta tercipta usai pasien menerima vaksin, melainkan butuh tiga dari empat orang yang sudah tervaksin di suatu daerah agar manfaat vaksin bisa dapat dirasakan. Di Kutim, pemerintah pusat menarget 55 ribu orang harus mendapat vaksin agar kekebalan kelompok bisa terwujud.

pemprov iduladha

“Kalau kekebalan kelompok sudah tercipta, nanti akan sulit buat virus itu mencari inang baru karena semua sudah kebal,” ujarnya.

“Akibatnya, virus akan melemah dan penularan bisa dihentikan,” tambahnya.

Selama kekebalan kelompok belum terjadi, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular ataupun menularkan COVID-19.

“Intinya meski kita sudah divaksin namun kita tak boleh kendor untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (bct/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: