Sudah Dianggarkan, Pembangunan Gedung 4 Lantai RSUD Penajam Belum Mulai

PPU, nomorsatukaltim.com – Pelayanan RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU akan ditingkatkan. Dengan menambahkan bangunan gedung empat lantai. Namun hingga pertengahan tahun, proyek pembangunan masih tak terlihat.

Susunan anggaran telah masuk dalam APBD 2021. Pembangunan gedung masuk dalam skema tahun jamak atau multiyears. Anggaran pembangunannya mencapai Rp 192 miliar.

“Kami menunggu peletakan batu pertama. Jadi kami ini sudah siap segalanya. Tinggal dari pemerintah saja,” kata Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU dr. Lukasiwan pada media ini, beberapa waktu lalu.

Proyek itu menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) PPU. Adapun, sambungnya, naskah perencanaan pembangunan gedung empat lantai ini telah selesai sejak 2020. Pun dalam penyusunannya melibatkan rumah sakit.

“Gedung ini sangat dibutuhkan. Karena ruang pelayanan yang ada saat ini belum memadai. Kami masih kekurangan ruangan,” sebutnya.

Apalagi, rumah sakit tipe C ini belum memiliki layanan kelas II, kelas I dan VIP.

“Sekarang hanya kelas III. Kalau gedung empat lantai ini bangun, maka nanti ada lahanan kelas II, kelas I dan VIP,” kata Lukas.

Rencana pembangunan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di PPU memang masuk dalam prioritas Pemkab PPU. Bersama dengan sektor pendidikan dan infrastruktur.

Kendati begitu, rencana lama ini baru bisa masuk dalam pembahasan saat ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR PPU, Edi Hasmoro menyebut pembangunan RSUD ini perencanaannya sudah ada. Juga sudah masuk ke proyek multiyears yang tercantum di APBD 2021.

“Tapi untuk realisasinya, pemerintah daerah masih melihat kondisi keuangan daerah,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Bangunan gedung nantinya berada di samping bangunan induk. Lahan yang disiapkan seluas lebih kurang 8 hektare. Pelaksanaan proyek direncanakan rampung dalam 12 bulan dengan dua masa anggaran.

“Pengerjaan fisiknya kita targetkan 2 tahun, dimulainya tahun ini dengan catatan anggarannya tersedia,” tegasnya.

Lokasi gedung berhadapan dengan kebun Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) atau Taman Rozeline. Bangunan gedung nantinya memiliki kapasitas 200 tempat tidur.

Sejumlah fasilitas juga ditambah. Seperti ruang ICU (intensive care unit) dan HCU (hight care unit) kemudian kamar operasi, ruang rawat hingga inap. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: