BPBD Kubar Antisipasi Dini Atasi Karhutla

Kubar, nomorsatukaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kubar mulai melakukan persiapan dan langkah dini dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di wilayah setempat. Mengingat, kasus karhutla kian menjadi-jadi belakangan ini.

Plt Kepala BPBD Kubar, Hendarman Supanji mengatakan, berbagai upaya pencegahan terus dilakukan, mulai dari sosialisasi terkait larangan pembakaran laban pada aktivitas perkebunan masyarakat. Meski tercatat kasus kebakaran hutan dan lahan di Kota Beradat tahun ini masih belum menunjukkan peningkatan tajam.

“Salah satunya dengan meningkatkan koordinasi lintas sektoral hingga mengaktifkan kembali posko-posko siaga Karhutla di kampung atau wilayah-wilayah yang dinilai rawan Karhutla,” bebernya.

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki BPBD Kubar saat ini, juga telah dibekali kemampuan khusus melalui pelatihan penggulangan kebencanaan.

“Sektor SDM sedang kita asah, dengan berbagai pelatihan. Dan yang perlu saya tegaskan lagi bahwa BPBD ini hanyalah koordinator,” ungkap Henderman.

Dia juga menegaskan, kasus kebakaran hutan dan lahan menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat ikut berpartisipasi melakukan upaya pencegahan kasus Karhutla tersebut.

“Selama ini kan mindset kita bahwa kebakaran hutan dan lahan itu tanggung jawab Pemerintah tanggung jawab BPBD, padahal kebakaran hutan ini adalah salah satu bagian kecil dari kebencanaan yang ditangani BPBD secara keseluruhan,” tegasnya.

Beberapa ormas pun turut dilibatkan dalam penanganan Kahrhutla, di antaranya ormas Macan Dahan serta ormas peduli Karhutla lainnya termasuk ada MPA (masyarakat peduli api).

“Sekarang ada 30 kampung yang tesebar MPA di Kubar,” tandasnya. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: