AGM Minta Petani PPU Manfaatkan Alsintan

PPU, nomorsatukaltim.com – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) berharap kerja-kerja petaninya bisa lebih mudah. Dengan memanfaatkan alat mesin pertanian (alsintan). Sebagai wujud pola pertanian yang modern.

Hal itu ia sampaikan saat menyerahkan bantuan alsintan pada petani di PPU, Rabu (23/6/2021). Yaitu satu unit traktor roda empat dan hand tracktor roda dua sebanyak tiga unit.

“Semoga alat yang diserahkan ini dapat bermanfaat besar untuk bapak-bapak sekalian dalam mendukung penunjang pertanian,” katanya.

Selain alsintan, bantuan diberikan dalam bentuk pupuk hayati 45.725 liter. Nantinya dapat dimanfaatkan bagi 9.145 hektare lahan.

Bantuan diserahkan bagi 219 kelompok tani (Poktan) yang ada di seluruh wilayah PPU, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian.

Selain memudahkan kerja petani, bantuan juga diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah PPU. Pasalnya, PPU menjadi salah satu daerah lumbung pangan nasional. Terlebih hal tersebut juga guna menunjang kebutuhan pangan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Untuk diketahui, hasil dari sebagian besar lahan pertanian di PPU masih didominasi padi. Sementara bahan penunjang pangan lainnya, sejauh ini masih di datangkan dari luar daerah seperti Pulau Jawa dan Sulawesi.

AGM berharap, agar para petani bersatu meningkatkan kapasitas produk hasil panen seperti padi hingga sayur-sayuran. Mengingat, pangan menjadi kebutuhan utama penunjang kehidupan.

Untuk mempermudah koordinasi antara Poktan dengan Dinas Pertanian, ia meminta kepala dinas agar membuat grup diskusi di sebuah platform media.

“Silakan pak kadis membuat grup WhatsApp (WA). Undang saya juga tidak masalah dan saya sangat senang, siapa tahu pak kadis lagi sibuk saya bisa menjawab apa saja yang dibutuhkan para petani, dan banggalah menjadi petani karena memberikan kehidupan bagi orang banyak,” pungkas bupati muda ini. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: