Tunjang Seleksi CASN 2021, Pemkab PPU Pinjam Komputer Sekolah

PPU, nomorsatukaltim.com – Untuk menunjang pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021, Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) melakukan peminjaman aset komputer sekolah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) PPU, Khairudin menyebutkan, semua proses persiapan sudah dilakukan. Nantinya, seluruh proses pendaftaran menggunakan sistem online. Sehingga peserta pendaftaran tidak perlu mengirim berkas.

Hal itu untuk mengantisipasi meningkatnya sebaran kasus COVID-19.

“Sedangkan Tes Kompetensi Dasar (TKD), berlaku seperti pelaksanaan penerimaan CASN PPU sebelumnya. Yaitu melalui sistem CAT (computer assisted test) atau seleksi berbasis komputer,” ulasnya.

Dalam mendukung hal itu, Pemkab PPU punya keterbatasan. Yaitu jumlah komputer yang akan digunakan. Maka dari itu, pihaknya sudah mempersiapkan perangkat untuk menunjang pelaksanaan tes CAT.

“Untuk perangkat tes CAT, sudah kami dapatkan hasil pinjam dari sekolah. Karena kebutuhan cukup banyak dan tidak memiliki itu,” katanya.

Disebutkan, untuk kebutuhan CAT bagi peserta CASN tahun ini, tim seleksi membutuhkan sedikitnya 100 unit komputer. Sejumlah itu pulalah komputer yang dipinjam. Tapi, jumlah itu di luar cadangan, jika terjadi kerusakan maupun kekurangan.

“Sudah ready 100 PC (personal computer) ditambah 20 buah untuk cadangan,” ungkapnya.

Adapun tahun ini, PPU mendapat kuota CASN sebanyak 702 formasi. Terdiri dari 416 formasi diperuntukan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) khusus guru honorer. Sedangkan sisanya 286 formasi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan formasi tenaga kesehatan dan umum.

Diperkirakan, penerimaan CASN tahun ini bakal dipenuhi banyak pelamar. Mengingat, penerimaan CPNS di PPU terakhir digelar pada 2018 silam. Anggaran pelaksanaan CASN tahun ini disiapkan sebesar Rp 400 juta lebih.

“Pasti pelamarnya sangat banyak, karena kita absen tiga tahun sebab tidak mendapat formasi dari pusat,” pungkas Khairudin.

Sebelumnya, pendaftaran dan penerimaan CPNS serta PPPK secara nasional dijadwalkan hingga akhir bulan Juni. Mundur dari jadwal seharusnya, 30 Mei lalu. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: