Inovasi Bawa Desa Bukit Raya PPU Juara 2 Lomba Se-Kaltim

PPU, nomorsatukaltim.com – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juara dalam lomba desa tingkat Provinsi Kaltim. Meski tak berada posisi pertama, namun hasil ini dianggap raihan yang cukup memuaskan. Dari lima desa yang diikutsertakan, Desa Bukit Raya, berhasil meraih juara 2 dalam Lomba Desa. Berdasarkan surat keputusan yang ditandangani Sekprov Kaltim M Sa’bani pada 21 Juni 2021.

“Penilaian oleh provinsi sudah dilakukan beberapa hari lalu, namun untuk para juaranya baru diumumkan kemarin,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten PPU Nurbayah, Selasa (22/6/2021).

Ada tiga aspek penilaian yang sanggup dipenuhi desa dari Kecamatan Sepaku itu dalam lomba. Yakni aspek pemerintahan, kewilayahan, dan aspek kemasyarakatan.

“Kami bersyukur, Desa Bukit Raya berhasil menyajikan hal terbaik dalam lomba itu. Sehingga mampu meraih juara 2, setelah sebelumnya meraih juara 1 dalam lomba yang sama di tingkat kabupaten,” sebut dia.

Terpisah, Kepala Desa Bukit Raya, Sunoto mengatakan, keberhasilan ini diraih bukan tanpa usaha. Upaya menjalankan sejumlah inovasi menjadi kuncinya. Kreatifitas inilah yang mampu mengangkat nilai dalam lomba.

Sejumlah inovasi tersebut antara lain penerapan penanganan COVID-19. Baik melalui pengetatan, bantuan ke masyarakat, maupun kepatuhan dalam protokol kesehatan.

pemprov iduladha

“Makanya desa kami mampu menekan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat,” ujarnya.

Kemudian inovasi Program Sedekah Seribu Sehari. Dalam program ini, setiap depan rumah warga diletakkan gelas atau toples yang diisi uang seribu rupiah per hari. Kemudian tiap akhir pekan uang tersebut akan dikumpulkan oleh petugas.

Sedekah dari hasil pengumpulan warga, lanjutnya, digunakan untuk membantu warga yang tidak mampu. Warga yang sedang terkena musibah, dan untuk kegiatan sosial.

“Ada dua hal yang membuat nilai dalam penilaian ini kurang maksimal. Pertama adalah penetapan pelaksanaan lomba desa di PPU yang terlambat, kemudian di Desa Bukit Raya memang belum memiliki objek wisata,” ucap Sunoto.

Alhasil, desanya tak mampu mengalahkan Desa Sumber Agung, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau yang menduduki penilaian terbaik. Keluar menjadi juara 1. Sedangkan juara 3 diraih oleh Desa Segendang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: