ngopi

Pinjaman Modal Usaha UMKM Tersedia di Marketplace Ralali

Jakarta, nomorsatukaltim.com – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan menjadi salah satu sektor yang segera bangkit di masa pandemi. Karena itu, berbagai insentif diberikan pemerintah untuk menumbuhkan sektor ini. Termasuk upaya pemerintah menggandeng marketplace Ralali.

Salah satu marketplace yang diharapkan dapat menggerakkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah ialah, Ralali. Berbeda dengan marketplace yang sudah ada, Ralali selain memasarkan produk UMKM, juga memberikan layanan khusus bagi pelaku UMKM. Baik mereka yang sudah eksis, maupun UMKM yang baru merintis usaha.

Marketplace yang didirikan 2013 oleh Joseph Aditya itu memiliki fitur Ralali Financial. “Kami terus berkomitmen menawarkan kemudahan untuk mengembangkan bisnis para seller Ralali.com, baik yang baru maupun mereka yang merintis usaha, serta pelaku UMKM,” kata Joseph Aditya dalam keterangannya.

Salah satu kelebihan fitus Ralali Financial ialah memberikan pendanaan melalui fitur Business Capital Loans. Ralalimembantu pendanaan modal usaha ke seller , salah satunya PT Airins Graha Solusindo sejak Juni 2020 sampai Februari 2021.

PT Airins Graha Solusindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jual beli laptop, aksesori laptop, dan Personal Computer (PC) yang membutuhkan modal usaha karena imbas pandemi yg melanda Indonesia 1,5 tahun terakhir.

“Pertama kali pinjam itu di bulan Juni 2020 sebanyak 200 juta yg kita pergunakan untuk pembelian barang dengan supplier dan dijual kembali ke customer kami,” jelas Dhiyang Sahputra, Senor Manager PT Airins Graha Solusindo.

Perusahaan telah memeroleh pendanaan total 14 transaksi pinjaman modal usaha. Menurut Dhiyang Sahputra, Perusahaannya sangat terbantu dengan  pinjaman modal usaha dari Ralali.com melalui fitur Business Capital Loans apalagi saat masa pandemi.

“Sebelumnya, PT kami hanya bisa menjual barang dengan sistem Cash Before Delivery, sekarang berkat pinjaman modal usaha sudah bisa jual barang ke pembeli dengan sistem tempo,” ungkap Dhiyang Sahputra.  Dengan menggunakan sistem tempo, PT Airins Graha Solusindo mendapatkan keuntungan sebesar 6-10% dari penjualan, lebih besar dibandingkan dengan keuntungan dari sistem cash yang  hanya berkisar 2-3%

“Proses mengajukan pinjaman modal usaha di Ralali lebih mudah dan persyaratannya lebih sedikit dibandingkan pinjam di Bank, sehingga prosesnya lebih cepat. Ditambah komunikasi tim Ralali.com juga sangat baik dan siap membantu sampai proses pinjamannya selesai,” tambah Dhiyang Sahputra.

Ralali merupakan B2B marketplace dengan misi memberikan kemudahan bagi penjual (mitra ) dan pembeli (sahabat ) dalam memulai usaha dan memenuhi kebutuhan usaha. Bertumbuh dengan pemahaman pasar secara mendalam, tahun 2018 Ralali memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, seperti keuangan atau insurtech.

BIG mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa agent berbasis pekerjaan (BIG Agent). (*)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply