Sampah Berserakan, Warga: Tenggarong Tampak Kumuh

Kesadaran Masyarakat dan Pemerintah Masih Rendah

Sampah adalah masalah bersama. Tak semata tanggung jawab masyarakat ataupun pemerintah. Kesadaran kedua belah pihak dalam memelihara kebersihan mesti ditingkatkan.

nomorsatukaltim.com – Masalah sampah ternyata masih jadi pekerjaan rumah, yang harus diselesaikan oleh Kutai Kartanegara (Kukar). Kurangnya kesadaran masyarakat yang masih enggan membuang sampah pada tempatnya, dan tindakan tegas dari dinas terkait masih menjadi sorotan.

Seperti yang dirasakan oleh Dedi. Salah satu masyarakat yang tinggal di sekitaran Jalan Kartini Tenggarong. Mengeluhkan pengelolaan sampah yang dianggapnya kurang maksimal. Seperti yang terjadi pada bak sampah yang terbuat dari semen di Jalan Kartini, tepat di pinggiran anak sungai.

Meskipun bak tersebut sudah kosong dan diangkut oleh petugas kebersihan, namun masih terlihat sampah-sampah yang berserakan. Menandakan sampah yang diangkut dan dibersihkan masih kurang maksimal.

Kadang sampah yang tertinggal tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap. Karena apabila air anak Sungai Mahakam itu pasang, otomatis sampah yang berserakan itu tergenang air.

“Sekarang Tenggarong enggak bersih atau rapi lagi, mas,” ujarnya kepada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com.

Ternyata tidak sebatas pengelolaan pengangkutan sampah saja yang dinilai kurang maksimal. Terlihat sepanjang bantaran anak sungai Mahakam, banyak ditumbuhi tumbuhan liar. Sehingga menambah kesan “kumuh” yang tampak di kota yang pernah meraih Penghargaan Adipura 2013/2014 untuk kategori kota kecil.  (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: