ngopi

Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa Melalui KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat guna meningkatkan mutu dan kualitas lingkungan sekitar masyarakat tempat dilaksanakanya KKN tersebut.

Sangatta, nomorsatukaltim.com – KKN dilaksanakan oleh hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia termasuk Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. KKN dilaksanakan secara daring mengingat situasi sekarang yang sedang dilanda pandemi Covid-19.

Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mengadakan Program Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa di seluruh Indonesia di terjunkan untuk mengabdi dan mengajar di sekolah-sekolah dasar yang masih berstatus 3T.

Sehingga, ada kolaborasi antara KKN Universitas Ahmad Dahlan dengan Program Kampus Mengajar Kemendikbud yang menerjunkan mahasiswanya untuk mengabdi di sekolah sekolah sasaran.

Salah satu program kolaborasi KKN UAD Kampus Mengajar yang dilakukan oleh Mirsda Tri Ananda dari program studi Pendidikan Biologi  ini dengan mengadakan sosialisasi terkait Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya untuk membantu meningkatkan mutu serta memupuk jiwa nasionalisme siswa-siswi di SD Islam DDI Sangatta Utara.

Sosialisasi ini dilakukan di SD Islam DDI Sangatta Utara dengan melibatkan siswa-siswi kelas IV dan V yang dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kurangnya rasa nasionalisme dalam diri siswa-siswi menjadikan salah satu alasan mengapa sangat penting mengadakan pengenalan profil pelajar pancasila sejak dini.

Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna membentuk profil pelajar pancasila dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi global dan memiliki nilai-nilai Pancasila.

Pengamalan nilai-nilai pancasila dinilai masih sangat kurang terutama pada pelajar tingkat sekolah dasar. Harapanya dengan adanya sosialisasi ini mampu memberikan kesadaran kepada siswa siswi tentang pentingnya memiliki jiwa nasionalisme.

Respon yang diberikan siswa siswi SD Islam DDI Sangatta Utara sangat antusias dalam mengikuti sosisalisasi dari awal hingga akhir. Sosialisasi yang dilakukan kurang lebih dari 2 jam ini sangat menyenangkan bagi siswa siswi karena materi yang disajikan tidak terlalu memberatkan siswa siswi, dikemas dengan bahasa yang mudah di pahami serta diselingi dengan sesi tanya jawab yang menyenangkan. Dua orang siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat sesi tanya jawab sosialisasi sehingga mendapatkan hadiah spesial dari pemateri.

Setelah dilakukanya sosialisasi ini, harapannya mampu memberikan dampak positif kepada siswa siswi SD Islam DDI Sangatta Utara terutama dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, semoga dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait makna yang sesungguhnya dari pelajar pancasila.

 

Penulis: Mirsda Tri Ananda,

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply