ngopi

Perbasasi Samarinda Siapkan Atlet Potensial

Samarinda, nomorsatukaltim.com– Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kota Samarinda serius mempersiapkan atlet potensial Kaltim. Melalui kejuaraan Liga Baseball For kids Season 1 2021. Berlangsung di lapangan baseball softball area Gor Segiri. Sejak 18-20 Juni 2021.

Semenjak menakhodai Perbasasi Samarinda, Izrulsyah Effendy memang gencar melakukan program pembinaan berjenjang. Mulai usia dini dimuali Desember 2020. Dengan menggelar kejuaraan Open Kaltim. Sejurus kemudian sekaligus mempersiapkan atlet terbaik untuk tampil di Kejurnas Junior di Jakarta pada April 2021 lalu.

Nah, akhir pekan ini baseball softball Samarinda kembali membuat kejuraan lokal yang diikuti oleh beberapa klub yang ada di Kota Tepian. Meski dengan cuaca yang kerap berubah. Tapi pesrta sangat semangat dan antusias.

“Kita mau anak-anak semangatnya terus menyala. Meski dibawah cuaca yang panas atau hujan sekalipun. Dan Alhamdulillah mereka masih tetap mau tanding, masih mau latihan. Ini saja mereka belum mau pulang, padahal kejuaraan sudah usai,” terang Izrulsyah Effendy, Ahad 20 Juni 2021.

Fendy berkeinginan atlet yang tergabung dalam tim U-12 dan U-15 ini bisa diproyeksikan membela Kaltim di kejurnas. Aapalgi bisa menembus timnas.

“Tentu prosesnya bertahap. Pembinaan U-12 dan U-15 ini satu dua tahun ke depan makin bertumbuh pesat dan mampu meraih prestasi maksimal di ajang kejuaraan yang levelnya lebih tinggi,” tambahnya.

Beberapa program khususnya di bidang pembinaan untuk mempersiapkan atlet handal itu. Baginya perlu dilalui dengan tepat sasaran. Agar lebih kompetitif mereka terus latihan intens. Dengan menggabungkan U-12 dan U-15. Termasuk dalam even yang baru usai di gelar.

“Atlet kan baru berlatih sekitar sepuluh bulan terakhir. Sementara kita fokus terhadap pembinaan yang ada di klub supaya makin kompak dan solid. Sembari melihat bakat anak,” jelasnya.

Upaya pembinaan tersebut dirasa perlu. Sekaligus mempopulerkan cabor soft ball dan baseball di Kota Tepian. Terlepas di Porprov Kaltim VI 2018 lalu, mereka menjadi juara umum. Dengan tim softball putra dan putri mendapat medali emas. Dan baseball meraih medali perak.Sementara pada Porprov Kaltim VII 2022 mendatang, Perbasasi menargetkan jaura umum. Emas merupakan target realistis. Bahkan mereka mengklaim Samarinda masih jadi pusat

kekuatan baseball dan softball di Kaltim. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply