Soal Usungan 9 DPC ke AGM, Sekjen Demokrat Bilang Hoaks

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Soal usungan 9 DPC ke Abdul Gafur Mas’ud (AGM) sebagai Ketua DPD Demokrat Kaltim, dinilai sekretaris partai sebagai manuver. Sampai saat ini Panitia dan jadwal Musda belum ada.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Kaltim, Edy Russani, mengungkap belum ada usung mengusung ketua di internal Partai Demokrat Kaltim

Menurutnya belum waktunya berbicara mengenai pengusungan ketua DPD tersebut. Sebab panitia penyelenggara Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih ketua belum terbentuk. Pun begitu, waktu dan tempat pelaksanaan Musda belum ditentukan. 

Edy Russani mengatakan, foto para ketua DPC Partai Demokrat Kaltim yang beredar, yang diklaim sebagai bentuk dukungan kepada Abdul Gafur Mas’ud untuk menjadi ketua DPD Partai Demokrat Kaltim tak bisa dijadikan dasar. 

“Itu foto silaturahim DPC dengan DPP, terkait dengan sosialisasi mekanisme dan peraturan organisasi tentang Musda dan Muscab,” kata Edy Russani kepada Disway Kaltim dan Nomorsatukaltim.com, Sabtu (19/6/2021). 

“Sampai hari ini panitia Musda belum ada. Dan kapan tetapnya Musda belum ada. Tempatnya di mana belum ada,” tambahnya. 

Ia menuturkan, bahwa yang menetapkan jadwal dan tempat Musda serta waktu untuk pencalonan adalah panitia Musda. Sehingga ia menganggap foto dan klaim dukungan yang beredar sebagai hal yang biasa. 

“Bisa saja saya berfoto dengan siapa terus mengatakan saya di dukung kan bisa saja. Jadi haknya dia lah menyampaikan itu.”

“Tapi menurut aturan belum ada panitia Musda, belum ditetapkan kapan dan di mana. Artinya kalau kita berbicara hoax ya (foto dan klaim itu) hoax juga itu kan,” tuturnya. 

Ia menjelaskan, mekanisme dan aturan main pemilihan ketua. Yang dimulai dari pencalonan. Nantinya, DPD lewat panitia mengumumkan masa pembukaan pendaftaran calon ketua. Kemudian masa-masa pendaftaran sebagai calon. Baru nanti panitia yang membawa nama-nama calon ke Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. 

Lebih jauh, Edy Russani mengatakan, bahwa Ketua DPD Partai Demokrat saat ini, Syaharie Jaang juga punya niat untuk maju sebagai ketua DPD periode kedua. Hanya saja, kata dia, tentu akan menunggu dan mengikuti proses yang dilaksanakan panitia Musda dan pemilihan ketua. 

“Beliau, Pak Syaharie Jaang, juga akan maju lah. Kalau bicara dukungan, Pak Jaang juga didukung 8-10 DPC. Jadi sama kalau berbicara jumlah dukungan. Dan sah-sah saja mengklaim,” ucapnya. 

“Jadi itu cuma acara silaturrahim dengan DPP. Kalau ada klaim mengklaim ya wajar saja. Mungkin kebetulan lagi berfoto. Saya juga berfoto besok dengan 10 DPC baru kuklaim,” tutup Edy Russani. 

Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Syaharie Jaang turun menanggapi. Secara singkat ia mengatakan bahwa informasi yang beredar, yang menyatakan adanya usungan sembilan DPC kepada Abdul Gafur Mas’ud tak benar. Alasannya, tak lain karena persiapan Musda belum dilakukan. 

“Nggak benar, Musda belum dilaksanakan,” ujar mantan wali kota Samarinda melalui pesan singkat. (das)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: