Plat Tugu Perbatasan Samarinda-Kukar Dipotong, Pelaku Dibogem, 1 Orang Buron

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Warga di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, dibuat geram dengan aksi pencurian beberapa hari berlakangan. Pasalnya, pelaku tangan panjang itu mencuri plat besi dari tugu di perbatasan Samarinda – Kutai Kartanegara (Kukar).

Warga yang kesal dengan perbuatan si pencuri, lantas kembali melangsungkan penjagaan, pada Kamis (17/6/2021) malam. Pemantauan yang dilakukan warga sejak beberapa hari belakangan ini pun akhirnya membuahkan hasil.

Sekitar pukul 02.15 Wita, Jumat (18/6/2021) dinihari, warga berhasil menangkap dalang di balik aksi pencurian, sekaligus perusakan terhadap tugu yang berdiri tegak di Jalan Poros Samarinda-Bontang tersebut.

Diketahui, pelakunya adalah RP, warga Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Samarinda Ilir. Sialnya, pria 45 tahun itu tertangkap warga ketika sedang asyik memotong plat besi tugu.

tugu1

Tugu di perbatasan Samarinda-Kukar yang telah terpotong. (ist)

Singkat cerita, akibat perbuatannya itu, warga langsung menjadikannya samsak hidup. Saking emosinya dengan perbuatan RP, warga tak hanya menghadiahinya dengan bogeman mentah saja. Namun motor yang dibawa pelaku ikut jadi sasaran untuk dibakar beramai-rami.

Dalam keadaan tubuh yang terikat di tiang listrik, RP hanya bisa pasrah menyaksikan kebrutalan warga. Meski sudah berulang kali meminta ampun, ia tetap saja mendapatkan pukulan dari sejumlah orang dewasa.

pemprov iduladha

Beruntungnya, nyawa RP masih bisa terselamatkan dari amukan warga. Setelah jajaran Polsek Sungai Pinang tiba di lokasi kejadian. Pelaku yang dalam keadaan babak belur, lantas digiring ke Mapolsek Sungai Pinang guna mendapatkan penindakan.

“Pelaku sudah kita amankan, dan sekarang berada di Polsek Sungai Pinang, kita masih lakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Muhammad Jufri Rana ketika dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya, Jumat (18/6/2021) siang.

Dari hasil penyelidikan sementara, pelaku mengakui dirinyalah yang telah mencuri plat besi di tugu perbatasan Samarinda-Kukar yang dikenal sebagai tugu “kyubi” tersebut, beberapa hari yang lalu. Namun kala itu ia beraksi bersama rekannya berinisial SM.

“Yang kedua kalinya ini dia beraksinya sendirian, kemudian ditangkap warga saat sedang memotong plat besi sendirian,” terang Jufri.

Lebih lanjut dikatakan Jufri, pihaknya tengah melakukan pengejaran terhadap SM yang diduga merupakan otak dari aksi pencurian tersebut.

“Jadi pelaku (RP) ini hanya membantu dan belum sempat membawa plat tugu, namun dari keterangan dia, kita dapati identitas rekannya yang berinisial SM yang kita duga sebagai otak pencurian,” kata Jufri.

Polsek Sungai Pinang hingga kini masih menunggu pihak yang merasa dirugikan, agar segeranya membuat laporan.

iduladha dprd kaltim

“Bila tertangkap pelaku yang satunya ini, baru kami kabari lagi kepada rekan-rekan media,” tandasnya. (aaa/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: