ngopi

Komisi I DPRD PPU Dukung Pendirian Universitas Pertama

PPU, nomorsatukaltim.com – Hadirnya lembaga pendidikan pasca studi jenjang wajib 12 tahun sangat dibutuhkan di Penajam Paser Utara (PPU). Hal ini untuk menjawab permasalahan pelajar-pelajar Benuo Taka. Agar tak mesti menuntut pendidikan hingga ke luar daerah.

Seperti baru-baru ini. Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Penajam berencana mendirikan Universitas Islam Penajam (UIP). Bakalan menjadi perguruan tinggi pertama yang berdiri di PPU.

Ketua Komisi I DPRD PPU Andi Muhammad Yusuf menyatakan dukungannya. Optimisme atas rencana pembangunan UIP itu diungkapkan.

Ia menilai ditetapkannya PPU lokasi sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru jadi salah satu alasan paling kuat.

“Kalau bisa segera ada surat izin secepatnya dari pihak terkait agar pendirian universitas di Penajam Paser Utara bisa segera terealisasi,” ucap politikus Partai Golkar ini.

Baru-baru ini juga, DPRD PPU turut mengambil peran dalam meminta rekomendasi dari DPRD Kaltim. Khususnya dari Komisi IV yang membidangi sektor pendidikan.

“Dengan menjadi IKN tentu kita butuh SDM yang bermutu dan itu bisa ditunjang dengan kehadiran universitas,” katanya.

Kehadiran universitas di PPU, imbuh dia juga akan memudahkan masyarakat yang ingin melanjutkan studinya.

“Jadi anak-anak kita di PPU, tak perlu lagi jauh ke luar daerah untuk mendapatkan pendidikan sarjana mereka,” sebutnya.

Lebih lanjut, ia berharap terwujudnya UIP nanti bisa diikuti dengan berdirinya perguruan tinggi lain di kabupaten termuda kedua di Kaltim ini. Itu menjadi tonggak majunya sebuah daerah. (ADV/rsy)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply