DPRD PPU Minta Soal Gaji Guru Segera Diselesaikan

PPU, nomorsatukaltim.com – Wakil Ketua I DPRD PPU, Raup Muin minta dinas terkait tuntaskan permasalahan pembayaran gaji guru. Khususnya pada guru PAUD swasta yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sebelumnya, puluhan guru itu mengadukan nasibnya ke DPRD Kabupaten PPU, Senin (14/6). Bahwa sudah enam bulan terakhir, mereka belum menerima honor.

“Ya kami sudah sampaikan. Bawah kami akan desak dinas terkait (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) untuk segera menuntaskan persoalan ini,” katanya, Kamis, (17/6/2021).

Menurut Raup, adanya persoalan ini dapat menjadi citra buruk daerah. Melihat perhatian terhadap seorang pengajar yang ada di daerah, berbanding dengan pelayanan yang mereka berikan terhadap peserta didik yang ada di PPU.

Gaji para guru swasta itu semestinya dibayarkan sebesar Rp 1,1 juta per bulan. Selain mengadukan soal honor yang belum dibayar, mereka juga menuntut kenaikan honor dari tahun sebelumnya. Belum lagi ada peraturan bupati (perbup) yang menyebutkan gaji guru setara Rp 3,4 juta. Setara dengan naiknya honor THL yang ada di lingkungan Pemkab PPU.

Pertemuan kala itu tak dapat dihadiri jajaran Disdikpora PPU. Maka dari itu, DPRD PPU menginisiasi untuk mengadakan pertemuan ulang.

“Kami akan jadwalkan ulang, rencananya Senin (21/6) nanti akan kami panggil instansi terkait supaya persoalan ini cepat tuntas,” tutupnya. (ADV/rsy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: