Vaksinasi Terpadu di PPU Ramai

PPU, nomorsatukaltim.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar vaksinasi terpadu, Kamis (17/6/2021). Target seribu dosis atau seratus vial. Menyasar pada warga yang ada di Kecamatan Penajam. Digelar sejak pagi hari, sekira pukul 8.30 Wita bertempat di Gedung Graha Pemuda kilometer 9 Nipah-Nipah.

Sasaran utamanya ialah petugas publik, yang bekerja di lingkungan Pemkab PPU, guru serta pegawai perbankan. Termasuk menyasar lanjut usia (lansia).  Kepala Diskes PPU, dr Jansje Grace Makisurat menuturkan giat ini merupakan tahap pertama.

Mereka yang datang tinggal menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). Vaksin yang diberikan kali ini ialah Bio Farma. Pegawai itu berasal dari 20 OPD yang ada, yang dalam kesempatan sebelumnya belum menerima vaksinasi. Mencakup mereka yang aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga harian lepas (THL).

“Ini bukan untuk masyarakat umum. Fokusnya untuk petugas publik. Pegawai di OPD yang belum. Termasuk guru karena mereka mau PTM (pembelajaran tatap muka) bulan depan. Perbankan terutama petugas front office dan lansia,” ujar dia yang juga juru bicara Satgas COVID-19 PPU.

Vaksinasi digelar tanpa ada hambatan berarti. Meski begitu, sudah diduga akan timbul kerumunan. Mengingat target vaksin yang disediakan ialah seribu orang. Menanggapi hal itu, Grace menegaskan mereka yang hadir mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Diawasi oleh petugas satgas ditambah personel TNI-Polri yang diturunkan.

Kendati begitu, dia tetap berharap tidak ada lonjakan kasus. Yang disebabkan kegiatan ini. Apalagi hingga muncul klaster baru.

“Namanya juga vaksinasi massal, namun sistem seperti sudah pernah dilakukan di rumah sakit dan hingga kini aman saja. Karena menerapkan 5M. Kita upayakan sebelum dua jam peserta sudah keluar dari Gedung Graha. Kegiatan hari ini akan kita evaluasi untuk vaksinasi dosis dua,” beber dia.

Satu sisi, sambung Grace, hal ini merupakan pertanda baik. Melihat antusiasme penerimaan vaksin hari ini, membuatnya optimistis vaksinasi bisa diterima masyarakat luas. Kegiatan vaksinasi terpadu ini merupakan tahap pertama. Untuk tahap kedua rencana akan digelar 28 hari setelah hari ini. Masih konsentrasi di Penajam.

“Kita fokus pertama Penajam dulu. Untuk yang berikutnya, akan menyasar ke kecamatan lainnya secara bertahap,” ucap dia.

Hal ini terus dilakukan. Adapun karena capaian penerimaan vaksin di PPU hingga Juni dengan sasaran petugas publik, baru mencapai sekira 50 persen. Sejak Februari lalu dimulai. Dengan jumlah 12.162.

“Setelah sasaran petugas publik selesai, kita akan konsentrasi ke masyarakat umum,” tutup dia. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: