Maswar: Gabung Perguruan Tinggi Dikaji Dulu

Kutim, nomorsatukaltim.com – Wacana penggabungan dua Perguruan Tinggi di Kutai Timur (Kutim) mendapat dukungan dari DPRD Kutim. Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER), diwacanakan digabung dan menjadi Universitas Kudungga.

Ketua Komisi D Maswar, yang membidangi kesejahteraan rakyat. Dimana salah satu bidang tugasnya yakni Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Tapi ia meminta agar ada kajian terlebih dahulu sebelum wacana tersebut direalisasikan. “Saya setuju kalo itu bisa terlaksana jadi Universitas Kudungga. Tapi kita juga harus pelajari lagi plus minusnya, kalo itu berbuah manfaat yang lebih besar ya kita dukung,” tegasnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, (15/06) siang.

Menurut politisi Partai Golkar ini, niatan besar itu juga diperlukan banyak orang besar untuk menginisiasi agar dapat terealisasi. Termasuk Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, maupun tenaga akademisi dan toko-tokoh di daerah ini, perlu untuk dilibatkan. “Termasuk memastikan SDM yang diperlukan sudah siap. Agar berjalannya perguruan tinggi itu nantinya dapat sesuai harapan,” tuturnya.

Maswar juga sempat melakukan komunikasi dengan teman-teman mahasiswa terkait Universitas Kudungga. Pada intinya dari segi Program studi dan persyaratan menuju naik tingkat menjadi Universitas telah mencukupi. “Maka tinggal kesiapan dari daerah saja lagi. Baik itu sarana dan prasarana pendukung lainnya,” tandasnya. (adv/bct)

dprd kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: