Delapan Rumah Hangus di Kebakaran Gunung Bugis, Tak Ada Korban Jiwa

Kurang dari dua pekan, kebakaran kembali melanda di tempat yang sama. Tepatnya di kawasan Gunung Bugis, Balikpapan Barat, Kamis (17/6/2021) siang. Beruntungnya, tiada korban di kebakaran kali ini.

nomorsatukaltim.com – Si jago merah mengamuk di kawasan RT 37 dan RT 38 Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat. Api sedikitnya menghanguskan delapan unit rumah yang mayoritas terbuat dari kayu.

Salah seorang warga RT 38, Puguh mengatakan api pertama kali dilihatnya sekitar pukul 14.30 Wita. Saat itu, dirinya yang berada di depan rumah, tiba-tiba melihat asap tebal yang disertai kobaran api dari seberang jalan selebar empat meter.

“Apinya langsung besar aja,” ujarnya.

Lanjut Puguh, rumah keluarganya yang juga ikut terbakar mengaku, api berasal dari bagian bawah rumah lainnya.

“Dari bawah rumah saudara saya itu,” jelasnya.

Sementara itu sedikitnya 20 unit mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, dibantu TNI-Polri dan juga PDAM ikut menjinakkan si jago merah. Kepala Seksi Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Balikpapan, Usman Ali mengatakan, api baru bisa dijinakkan sekitar dua jam lebih.

“Kendala kita jalan yang sempit ya. Selain itu warga juga banyak yang berdiri di pinggir jalan,” ujarnya.

Untuk dugaan sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

“Kita belum tahu apa penyebabnya. Kita serahkan aja ke kepolisian,” jelas Usman.

Disinggung berapa jumlah rumah yang hangus terbakar, Usman mengaku dari data sementara yang ia terima, ada delapan unit rumah yang terbakar dan belasan lainnya terdampak.

“Yang pasti di atas delapan dan di bawah sepuluh. Selain itu belasan unit rumah turut terdampak dalam musibah ini,” tambahnya.

Kerugian dari kebakaran kali ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: