51 Miliar Rupiah untuk Akses Kubar-Mahulu Tahun Ini

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) menggelontorkan anggaran total sebesar Rp 45 miliar tahun ini untuk perbaikan akses jalan darat yang menghubungkan Kutai Barat (Kubar) – Mahakam Ulu (Mahulu).

Anggaran proyek pembangunan akses jalan dari Tering (Kubar) – Ujoh Bilang, Long Pahangai (Mahulu) itu terbagi menjadi dua jenis pengerjaan.

Yakni untuk pengaspalan jalan selepas Tering dianggarkan sebesar Rp 30 miliarjalan. Sementara Rp 15 miliar untuk pengerasan jalan tanah Ujoh Bilang-Long Pahangai.

“Anggaran Rp 30 miliar itu belum teraspal semua, masih sedikit di daerah Tering. Anggaran sebesar itu tidak sampai 10 kilometer,” kata Kepala Dinas PUPR Pera Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda, belum lama ini.

Ia mengakui, mahalnya pembangunan akses jalan ke kabupaten termuda di Kaltim itu. “Makanya, jalannya memang masih banyak yang belum sempurna di Mahulu,” imbuhnya.

Selain membangun jalan, PU juga disebut sedang mengerjakan beberapa proyek pembangunan jembatan untuk menyambung jalan akses antara dua kabupaten.

“Kalau jembatan yang besar, di Sungai Laham, itu belum. Tapi kalau jembatan yang kecil-kecil, tahun ini ada menambah tiga di sepanjang Tering ke atas,” ujar A.M Fitra Firnanda. Pembangunan tiga buah jembatan itu, kata dia dianggarkan Rp 6 miliar. (das)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: