DPUPR Mahulu Bersihkan Longsor di Jalan Batu Bulan

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Jalan poros dari Kampung Ujoh Bilang menuju Kantor Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) di Kawasan Tikah, tepatnya di kawasan tebing Gunung Batu Bulan, mengalami longsor pada Minggu (13/6/2021) malam.

Longsor tanah dan batu-batuan di tebing Batu Bulan disebabkan oleh curah hujan besar dalam beberapa hari. Longsoran sempat menutupi badan jalan poros aspal. Gerak cepat Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Mahulu bersama sejumlah pihak, saat ini akses itu sudah bisa dilintasi warga.

Kepala Dinas PUPR Mahulu, Yohanes Andy Abeh mengatakan, penyebab longsor karena tanah di tebing Batu Bulan labil dan rentan bergerak. Ditambah intensitas curah hujan tinggi.

“Beberapa kali longsor tidak ada korban jiwa. Namun separuh badan jalan tertutup, mengganggu lalu lintas warga ke objek pemerintah,” jelas kadis melalui Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Mahulu, Rudiansyah SHut ME kepada Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Selasa (15/6/2021)

Jalan poros Batu Bulan yang beraspal permanen tersebut adalah jalan sementara yang sudah ada sejak dulu. Menghubungkan Kampung Ujoh Bilang-Kampung Long Bagun. Rudiansyah menuturkan, akses itu bukan jalan utama atau prioritas.

“Ke depan setelah semua perkantoran pemkab di kawasan Sebenaq selesai, maka akses utama pindah ke poros menuju pusat perkantoran di jalan baru dari kawasan Tikah,” bebernya, dan mengatakan kawasan pusat permukiman baru, sektor jasa, objek vital pemerintah nantinya semua di Sebenaq.

pemprov iduladha

Jalan Batu Bulan yang mengalami longsor tersebut, statusnya adalah jalan lingkungan antarkampung. Namun saat ini masih digunakan, karena merupakan poros pendekat dari Ujoh Bilang (Mapolsek Long Bagun) ke Kantor Bupati Mahulu.

“Setelah kejadian longsor pada Minggu (13/6/2021) malam, pagi hari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Alat Berat Mahulu bergerak ke lapangan membersihkan longsoran tanah dan batu.

“Diimbau agar warga yang melintas selalu waspada. Apalagi saat musim hujan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Alat Berat DPUPR Mahulu, Ngohin, membenarkan telah dilakukan pembersihan terhadap tanah dan batu longsoran Gunung Batu Bulan yang menutupi badan jalan poros Ujoh Bilang-Long Bagun itu.

“Longsor disebabkan kondisi alam hujan. Sehingga runtuh tanah dan batu-batuan dari atas gunung menutupi badan jalan,” urainya.

Selain dari atas tebing Batu Bulan, terjadi juga longsor di pinggir badan jalan aspal ke Sungai Mahakam. UPTD DPUPR Mahulu sudah merawat maksimal.

“Untuk perawatan Jalan Gunung Batu Bulan mungkin diperlukan pihak ketiga (Kontraktor). Harus dipasang beronjong dan penurapan serta tiang dinding pancang,” pungkasnya.(imy/zul)

iduladha dprd kaltim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: