Salehuddin Dorong Relaksasi Pajak di Situasi Pandemi

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin S Sos S Fil menjelaskan bahwa pembayaran pajak beberapa daerah bisa terpantau langsung dengan sistem aplikasi. Sehingga keaktifan membayar pajak dapat dilihat secara langsung.

Situasi pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun, memberikan efek terhadap perekonomian di Kaltim termasuk Kutai Kartanegara.

Hal ini mengakibatkan, keaktifan daerah dalam sektor pajak juga berkurang. Terutama bagi perusahaan yang tak mampu bertahan dalam situasi pandemi hingga absen menyetorkan pajaknya.

“Jadi memang kalo bicara keaktifan hampir semua masyarakat itu punya keinginan membayar pajak termasuk Kukar,” ucap Politisi Golkar tersebut kepada Media Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Senin (14/6) pagi.

Salehuddin menambahkan, memang ada beberapa sektor lain termasuk sektor industri perusahaan yang tidak begitu aktif.

Namun, instansi terkait seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Menurutnya, telah melakukan proses komunikasi agar persoalan tersebut dapat diselesaikan.

Tetapi jika secara umum menurut data yang ia dapat, Kukar termasuk daerah yang cukup aktif melakukan menyelesaikan kewajiban pajak terutama pajak kendaraan.

“Terbukti beberapa tahun terakhir capaian itu hampir sekitar 80 persenan,” kata Saleh sapaan karibnya.

Ia berpendapat bahwa, masyarakat saja secara individu taat mengapa perusahaan tidak taat.

“Itu yang menjadi harapan kita, agar semua dapat taat pajak” ucapnya.

Namun dia tidak menutup mata, ada beberapa perusahaan yang tidak taat bayar pajak karena kesulitan dialami .

“Artinya tidak serta merta mereka tidak membayar karena tidak ingin. Tetapi ada hal teknis misalnya situasi pandemi,” pungkasnya. (Adv/top)

dprd kaltim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: