Pembangunan Sistem Air Bersih untuk SPN Ditarget Rampung Akhir Tahun

KUKAR, nomorsatukaltim.com – Saat ini Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mahakam terus melakukan pengerjaan penyediaan air bersih. Untuk digunakan dalam pemanfaatan Sekolah Polisi Negara (SPN), yang berada di Jalan Bhayangkara, Desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu.

Perumda Tirta Mahakam pun telah menyiapkan lokasi dan melakukan pengerjaan sistem pengolahan air bersihnya di Kelurahan Bukit Biru. Dengan kapasitas pengolahan air bersih sebesar 100 liter perdetiknya. Dengan menggunakan anggaran dari APBN.

Tetapi untuk Pemkab Kukar dalam hal ini Perumda Tirta Mahakam, sebagai operator yang bertugas menyiapkan air bersih pun kebagian tugas untuk melakukan pembiayaan. Meliputi pembuatan sistem jaringan, pelimpahan hingga masuk ke wilayah sekitar SPN.

“Pembangunan itu yang kita sudah rencanakan dan dikerjakan,” ujar Dirut Perumda Tirta Mahakam, Suparno, Senin (14/6/2021).

Penyelesaian pun ditarget akan rampung pada akhir 2021 ini. Hingga bisa dinikmati oleh SPN. Sesuai target dan hasil rapat bersama Polda Kalimantan Timur (Kaltim), yang menginginkan SPN kedua setelah Balikpapan, di Kaltim ini segera beroperasi dan menerima siswa angkatan baru.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Kukar melalui Perumda Tirta Mahakam menganggarkan pembangunan infrastruktur pendukung SPN. Yakni pemasangan instalasi air bersih sejak 2019 lalu. Dengan rincian sebesar Rp 5 miliar pada tahun 2019 dan sebesar Rp 20 miliar pada 2020.

Serta kembali menganggarkan sejumlah dana pada 2021 ini. Dengan perkiraan rencana kebutuhan secara keseluruhan terkait pengairan mencapai Rp 58 miliar. Untuk menunjang kebutuhan air bersih sekolah yang berdiri di lahan seluas 128 hektare ini. Disebut-sebut dan diproyeksi untuk menunjang keberadaan ibu kota negara (IKN) yang baru di Kaltim. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: