ngopi

Bertahan Sebulan, Mahulu Kembali Zona Kuning COVID-19

MAHULU, nomorsatukaltim.com –  Prestasi zona hijau COVID-19 yang disandang Mahulu kembali copot. Hanya bertahan sebulan, daerah ini kembali masuk dalam zona kuning.

Keberhasilan zona hijau yang lalu, setelah Mahulu menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro. Sehingga hasil evaluasi oleh TGC dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Diskes P2KB) pada 17 Mei 2021, Mahulu bebas corona.

“Sekarang sudah jadi zona kuning lagi. Ada yang kasus impor (COVID-19) dari luar wilayah. Karena mau masuk ke Mahulu pada masa buka yang lalu positif PCR (polymerase chain reaction)-nya. Terus datanya dimasukkan ke Mahulu,” jelas Kepala Diskes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso kepada Harian Disway Kaltim dan Nomoratukaltim.com, Selasa (15/6/2021).

Teguh Santoso menjelaskan, kebanyakan kasus paparan COVID-19  di Mahulu saat ini terjadi di Kampung Long Lunuk, Kecamatan Long Pahangai. Saat ini ada 14 kasus di kampung itu.

“Itu hasil setelah kami melakukan tracing dan tracking dari kasus yang terjadi di Kampung Long Lunuk,” urainya.

Oleh karena itu, saat ini Diskes P2KB dan Tim TGC Mahulu kembali bergerak aktif dan siaga penuh. Yakni melakukan pengetatan wilayah. Warga pada 50 kampung di 5 kecamatan se-Mahulu diimbau agar menguatkan protokol kesehatan (Prokes) 5M.

“Kami harapkan agar masyarakat sadar. Kuatkan prokes 5M. Untuk pelaksanaan program vaksinasi terus digalakkan supaya kekebalan kelompok/masyarakat (herd Imunnity) segera terwujud,” ucapnya. (imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply