Daihatsu Rocky Mengaspal di Kaltim, Mobil Paling Canggih yang Mengusung Teknologi ASA

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Daihatsu kembali merilis mobil baru hasil kolaborasi dengan Toyota, yakni Daihatsu Rocky. Kolaborasi kelima sister company ini disebut yang paling canggih dari semua produknya di Indonesia. Seperti apa?

Gebrakan paling gres dari produk teranyar Daihatsu ini terletak pada fitur keselamatan Advanced Safety Assist (ASA). Teknologi ini disematkan pada Daihatsu Rocky yang diluncurkan di Balikpapan, 12 Juni 2021. Rocky dengan varian ASA memiliki 6 fitur yang memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Yakni dengan menggunakan sensor dari stereo camera. Dua buah kamera di bagian depan mobil ini akan mendeteksi objek di sekitar mobil. Lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Keenam fitur keamanan itu adalah Pre-Collision Warning untuk peringatan terdeteksi potensi tabrakan. Pre-Collision Braking sebagai pendukung pengereman mengurangi risiko benturan. Lane Departure Warning untuk peringatan dini mobil keluar jalur tanpa sengaja. Lane Departure Prevention yang berfungsi mengoreksi setir agar mobil kembali ke jalurnya. Pedal Misoperation Control sebagai penahan laju mobil ketika salah injak pedal gas. Lalu, Front Departure Alert adalah peringatan ketika mobil di depan bergerak maju

Namun begitu, teknologi keselamatan ASA hanya memberikan bantuan dalam berkendara. Bukan merupakan teknologi kemudi otomatis. Dengan begitu, pengemudi tetap memegang penuh kendali terhadap kendaraan.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Balikpapan Nidzom mengatakan, kelebihan inilah yang membuat Rocky sangat istimewa.

Dengan kecanggihan itu, mobil ini pun diklaim setara dengan mobil premium seharga di atas Rp 500 jutaan. Namun, fasilitas ini bisa didapatkan dengan banderol separuh harga.

“Teknologi ini belum ada pada produk Daihatsu sebelumnya di Indonesia. Ini yang pertama,” ujarnya kepada Disway Kaltim-nomorsatukaltim.com usai launching di kawasan Balikpapan Superblock (BSB), Sabtu (12/6/2021).

Sejak sebulan lalu, kata Nidzom, Astra Daihatsu Balikpapan sudah menerima permintaan inden. Yang didominasi kalangan berusia 25-40 tahun. Dengan kecanggihan teknologi dan fitur digitalnya, Rocky memang cocok bagi konsumen kekinian yang mapan. “Setelah launching ini kita akan aktif mengenalkan Rocky ke masyarakat,” sebutnya.

Kepala Wilayah (Kawil) Astra Daihatsu Kalimantan Ronald Limanauw menjelaskan, Rocky berpotensi beririsan target pasar dengan banyak merek dan segmen. Tidak hanya pada kelasnya di segmen sport utility vehicle (SUV), tapi juga bisa menyentuh segmen lainnya. Seperti multi purpose vehicle (MPV) ataupun city car.

Alasannya, mobil yang mulai diluncurkan di Indonesia 30 April lalu ini memenuhi banyak aspek dari berbagai segmen. Baik dari segi harga, tampilan eksterior dan interior maupun teknologi keamanan maupun fitur dan detail lainnya.

rocky

Kepala Wilayah (Kawil) Astra Daihatsu Kalimantan Ronald Limanauw (tengah) memimpin launching Daihatsu Rocky didampingi jajaran manajemen Astra Daihatsu Balikpapan dan Kalimantan lainnya. (Benny Oktariyanto/Disway Kaltim-nomorsatukaltim.com)

Namun jika berbicara segmennya, Rocky akan berebut market dengan Suzuki Ignis, Nissan Magnite, Kia Sonet maupun Toyota Raize. “Target market share 20 persen. Sekitar 200 sampai 200 unit per bulan,” kata Ronald.

Keyakinan ini didasari animo secara nasional. Sejak diluncurkan, minat calon konsumen sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan daftar inden yang cukup panjang. “Saat ini belum 100 persen terpenuhi. Animo masyarakat sangat luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Area Service Coordinator Kalimantan Muhammad Aufar menyebut sudah menyiapkan sisi teknis untuk mendukung teknologi mesin turbocharger pada Rocky. Sehingga after sales sudah dipastikan terlayani baik untuk konsumen.

Seperti diketahui, fungsi turbo yang pertama dan termasuk utama adalah kemampuan dalam meningkatkan torsi serta tenaga mesin. Dengan pembakaran yang sempurna berkat kombinasi rasio udara dan bahan bakar seimbang, maka tenaga mesin serta torsi sudah pasti menjadi maksimal.

Daihatsu, kata Aufar, sudah siap untuk menyikapi teknologi baru ini. “Teknikal, tools, sudah siap. Turbo tidak menjadi hal asing bagi kami,” terangnya.

Kembali ke Nidzom, ia menyebut Rocky adalah produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung teknologi Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Sederhananya, teknologi ini menghadirkan mobil dengan konsep kualitas tinggi harga terjangkau dengan teknologi terkini.

Pada sisi eksterior, Rocky dilengkapi LED headlamp, kaca spion bisa dibuka dan tutup menggunakan tombol (auto retractable mirror) dan key free. Di bagian interior, dashboard Rocky didesain menggunakan teknologi full digital dengan 4 mode tampilan. Semakin elegan dengan layar sentuh 9 inci.

Brand ini hadir perdana dengan mesin 1.000cc dilengkapi teknologi turbocharger. Mesin 1.0L ini juga dilengkapi dual mode CVT, sebuah teknologi CVT terbaru Daihatsu. Konsumsi bahan bakar 1 liter disebut mampu menempuh jarak 18 kilometer.

Daihatsu Rocky hadir dengan 5 varian dengan banderol harga Rp 214 juta sampai Rp 236 juta lebih.

Launching Daihatsu Rocky di Balikpapan 12 Juni 2021 lalu juga dihadiri Operation Manager (OM) Kalimantan Daihatsu Serba Mulia Julianto, dan OM Kalimantan Daihatsu TMS, Achmad Rofiq. (ben/eny)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: