BLT DD PPU Tersalur Rp 925 Juta

PPU, nomorsatukaltim.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), masih terus berjalan. Tahun anggaran 2021, yang sudah tersalurkan Rp 925,5 juta. Dengan total penerima sebanyak 2.057 keluarga penerima manfaat (KPM).

Nilai BLT-DD ini disalurkan terbagi dalam dua tahap, dan jumlah itu tercatat hingga Mei lalu. Yakni untuk tahap pertama dan penyaluran tahap kedua bagi semua desa di PPU.

Di tahap pertama, jumlah penerima sebanyak 2.057 KPM dengan nilai Rp 300 ribu per KPM. Jadi total mencapai Rp 617,1 juta atau sudah tersalurkan 100 persen.

“Sedangkan untuk tahap kedua, lanjutnya, dari total 2.057 KPM yang tersebar di 30 desa, sudah tersalurkan sebanyak 50 persen atau sebanyak 1.028 KPM dengan nilai Rp 308,4 juta,” ujar Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU Nurbayah, Minggu (13/6/2021).

Sasaran penerima BLT DD adalah keluarga miskin non-Program Keluarga Harapan (PKH), non-Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), non-Kartu Pekerja, dan keluarga yang kehilangan mata pencarian. Selain itu, juga bagi keluarga yang belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Juga bagi memiliki anggota keluarga yang rentan sakit atau memiliki penyakit kronis menahun.

Dia menuturkan bahwa penyaluran BLT DD tahap kedua terus dilakukan penyaluran di masing-masing desa yang telah siap. Agar target penyaluran tahap dua bisa tuntas 100 persen segera.

“Terus kita lakukan bulan ini. Semoga bantuan tunai ini bermanfaat bagi keluarga penerima, apa lagi di masa pandemi seperti sekarang yang banyak warga terdampak COVID-19, terutama bagi masyarakat kurang mampu,” pungkas dia. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: