Masih Pandemi, Anggaran KONI Kukar Dikoreksi

Kukar, nomorsatukaltim.com – Anggaran untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutai Kartanegara (Kukar) dipastikan turun dibandingkan tahun 2020 lalu. Untuk tahun 2021 ini hanya dianggarkan sebesar Rp 4 miliar saja. Nilai ini menurun hampir setengahnya, yakni turun Rp 2 miliar dari anggaran Rp 6 miliar.

Banyak faktor yang menyebabkan adanya penurunan anggaran yang bersifat hibah ini. Di samping masalah pandemi COVID-19 yang masih belum usai.

Akibatnya kegiatan-kegiatan atau event dengan skala besar, seperti kejuaraan daerah (kejurda), kejuaraan nasional (kejurnas) atau event-event lainnya yang kerap mengirimkan atlet hampir tidak semua cabang melakukan.

Sehingga Ketua Komisi IV DPRD Kukar Baharuddin mengatakan, anggaran yang jumlahnya besar belum terlalu diperlukan untuk saat ini. Setelah melihat kegiatan KONI Kukar tahun 2020.

Selain itu, Baharuddin juga menyebut, jika dalam waktu dekat DPRD Kukar pun akan segera memanggil KONI Kukar untuk duduk bersama. Mengevaluasi dan membahas di dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), melihat laporan pertanggungjawaban mereka selama tahun 2020.

Sudah sejauh mana pelaksanaan kegiatan selama tahun 2020. Hjngga sampai mana prestasi-prestasi olahraga yang telah diraih tahun 2020 akan turut dievaluasi di DPRD Kukar.

Secepatnya agenda tersebut akan dilakukan oleh Komisi IV DPRD Kukar. Jika tidak ada aral melintang, agenda RDP itu akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Dengan menyesuaikan jadwal DPRD jika memang tidak ada agenda RDP.

“Sudah kamu laporkan kepada staf ahli untuk mengagendakan itu,” jelas Baharuddin pada Disway Kaltim.

Kata dia, tentunya dengan anggaran sebesar itu, ia berharap laporan yang bakal disampaikan nantinya sesuai dengan program dan capaian yang sudah ditargetkan.

“Tentu kita evaluasi semua sampai sejauh mana dana itu berproses,” pungkas Baharuddin. (ADV/mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: