Gelar Seleksi, Forki Kaltim Siapkan Atlet Kejurnas   

Samarinda, nomorsatukaltim.com Usai sudah seleksi atlet karate yang digelar Pengprov Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kaltim. Berlangsung di Gedung Olahraga Anggar Folder Air Hitam Samarinda, Sabtu 12 Juni 2021. Untuk mencari atlet yang siap diturunkan pada Kejurnas 3-4 Juli mendatang.

Mereka yang lolos kejurnas nantinya berpeluang masuk dalam skuat karate Indonesia. Tentunya berkesempatan tampil di kejuaraan internasional.

Ketua Umum Pengprov Forki Kaltim, Seno Aji mengatakan atlet yang akan diambil mengikuti kejurnas kali ini memang memiliki target maksimal. Meski tidak wajib mendapatkan juara umum. Setidaknya dari nomor tanding yang dilombakan berhasil dimenangkan dan medali ke Kaltim.

Target tersebut terhitung realistis mengingat persiapan atlet jelang kejurnas 2021 ini terhalang pandemi COVID-19.  Artinya ia tidak mau membebani atlet dengan harapan yang muluk-muluk. Tapi yang perlu diingat, setiap kejuaraan memiliki nilai tambahan tersendiri bagi jenjang karir setiap atlet.

“Target kita harus kemenangan, memenangi beberapa nomor tanding sesuai dengan potensi dan peluang yang bisa di maksimalkan di sana. Meski tidak harus juara umum, sementara kita sesuaikan dengan persiapan yang sudah mereka jalani,” kata Seno.

Sementara itu pelatih karate Kaltim Jalu Kushin menjelaskan nantinya ada dua kategori yang dipertandingkan. Yakni kadet junior dan U-21. “Karena di sana juga akan di ambil sebagai atlet PB Forki dalam rangka kejuaraan AKF. Seleksi ini nantinya akan berjalan bertahap, mulai fisik, peningkatan teknik dan mental tanding atlet,” tambahnya.

pemprov iduladha

Selesksi atlet tersebut diikuti dari Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Kutai Timur dan Kutai Barat. Sementara kabupaten Mahakam Ulu berhalangan hadir. Dalam seleksi itu terdapat 16 item tes. Hasilnya akan diakumulasikan oleh Binpres Forki Kaltim sesuai dengan kuota yang nantinya disetujui oleh Ketua Umum. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: