alexa

Posko PDB Kebakaran Ujoh Bilang Ditutup, Wabup Serahkan Bantuan Rp 67 Juta

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Pos Komando Penanganan Darurat Bencana (Posko PDB) Kebakaran di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), secara resmi ditutup Pemkab Mahulu, Selasa (8/6/2021).

Penutupan Posko PDB itu dilakukan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH yang diwakili Wakil Bupati Drs. Yohanes Avun, M.Si. Wabup mengungkapkan, bersama Bupati, atas nama pribadi, Pemkab Mahulu,  serta masyarakat se-Mahulu, turut prihatin dan berbelasungkawa kepada korban yang kehilangan tempat tinggal dan harta, akibat musibah kebakaran besar pada 29 Mei 2021 di RT 1 dan RT 2 Kampung Ujoh Bilang.

“Kami berharap agar warga yang tertimpa musibah ini tidak larut dalam kesedihan. Mari bangkit kembali,” kata Wabup Yohanes Avun menyampaikan sambutan.

Yohanes Avun berharap, atas musibah itu, agar secara bersama menjadikannya pelajaran. Dia juga menyebut hal itu sebagai ujian Tuhan Yang Maha Esa.

“Supaya sejak saat ini kita lebih berhati-hati dengan sumber pemicu api. Juga mengelola lingkungan dengan baik,” pesannya.

Ditambahkan wabup, Pemkab Mahulu mengapresiasi dan berterima kasih atas peran serta semua pihak. Utama masyarakat, petugas posko bantuan, dan petugas kesehatan. Juga seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu sumbangan meringankan beban warga korban musibah itu.

Baca Juga:  Kebakaran di Samarinda Seberang, 20 KK Kehilangan Tempat Tinggal

“Terima kasih kepada semua yang terlibat di posko, petugas penerima dan penyalur sumbangan,” tuturnya.

Wabup juga menambahkan, walaupun Posko PBD telah ditutup, tetapi kegiatan pemantauan dan penyaluran bantuan tetap dilakukan oleh Dinas Sosial P2KB Mahulu. Hal itu sebagai perhatian pemerintah terus hadir di tengah masyarakat.

“Pasca bencana, secara  tugas pokok dan fungsi, maka penanganan selanjutnya oleh Dinas Sosial P2KB,” tandas Yohanes Avun.

Pada kesempatan itu, Wabup Yohanes Avun secara simbolis menyerahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 67.726.000. Uang itu terkumpul dari para penyumbang dan donatur. Bantuan diterima Salim Amid, salah satu warga Ujoh Bilang, korban kebakaran itu.

Sementara itu, Komandan Koramil Long Bagun, Lettu Inf I Wayan Sudiarsa, selaku Ketua Posko PDB kebakaran Ujoh Bilang, dalam laporannya mengatakan bahwa total jumlah penyumbang (logistik)  sebanyak 162 orang.

“Logistik dan pakaian (layak pakai) didistribusikan sejak tanggal 1-5 Juni 2021. Jika ada masyarakat yang ingin membantu bisa datang ke Kantor Dinas Sosial P2KB,” tuturnya.

Baca Juga:  Dandim 0912 Kubar Sebut, Pada 2022 Akan Berdiri Kodim Mahulu

Danramil menambahkan, pasca musibah itu, sejak 29 Mei 2021, pihaknya telah melaksanakan kegiatan gotong-royong. Yaitu pembersihan pangkalan dan pengerukan lokasi.

“Pembangunan WC umum belum terlaksana. Bahan bakunya sudah tersedia. Selanjutnya akan diserahkan kepada pemerintah kampung,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu hadir pula Asisten I Bidang Pemerintahan dan Humas Setkab Mahulu Ir  Dodit Agus Riyono MP, Kepala Dinas Sosial P2PA Emiliana Dai, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, serta Petinggi Ujoh Bilang Klementius  Ajang. (adv/imy/sos)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply