DPRD Akan Buat Panja Bahas Masalah PT Kobexindo

Kutim, nomorsatukaltim.com – Inspeksi Mendadak (Sidak) ke PT. Kobexindo Cement yang dilakukan DPRD Kutai Timur (Kutim) pada Kamis (10/6) siang menghasilkan beberapa keputusan. Salah satunya usulan membuat Panitia Kerja atau Panja. Melihat banyaknya persoalan yang mesti ditangani.

Selain tak menemukan jawaban saat sidak ke lapangan, para legislator juga tidak menjumpai satu orang pun pihak Kobexindo Cement selaku pemegang izin operasi pabrik semen. Padahal perusahaan ini yang mampu menjelaskan perihal berbagai hal yang mereka temukan.
“Kami tadi sudah rapat di dalam, ada 4 hal yang akan dibuatkan Panja, yang akan kami lakukan setelah sidak. Tentang Ketenagakerjaan, Perizinan, Imigrasi serta Lingkungan,” tegas putra asli kaki gunung Sekerat.

Beberapa instansi yang bakal terlibat diantaranya, Disnakertrans untuk masalah ketenagakerjaan, DPMPTSP terkati perizinan, Imigrasi mengenai Tenaga Kerja Asing serta Dinas Lingkungan Hidup perihal lingkungan sekitar wilayah operasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sidak Komisi Gabungan ini menemukan visa Tenaga Kerja Asing (TKA) yang telah mati. Bahkan yang digunakan bukanlah visa kerja melainkan visa kunjungan.

“Setelah dicek ternyata benar, tadi memang visa pertama visa working. Setelah dibuka lagi (lembar berikutnya) ternyata visanya sudah mati, dan dilanjutkan visit visa atau visa kunjungan. Jadi dia (WNA) hanya kunjungan ke Indonesia tapi dipakai untuk bekerja. Dan visa kunjungannya juga itu tadi sudah mati, sudah habis di tanggal 11 Februari 2021 dan sekarang sudah bulan Juni,” jelas Asmawardi sebelumnya. (adv/bct)

dprd kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: