alexa

Persiapan Liga 2, Persiba Uji Coba Lawan PSS Sleman

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Sepekan sudah Persiba menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Hampir 98 persen diisi wajah lama. Tidak butuh waktu lama bagi Vera untuk mengembalikan performa Bryan Cesar dkk. Hingga tiba waktunya untuk menguji kekuatan pemain. Yakni dengan menantang klub Liga 1 PSS Sleman dalam laga uji coba. Rencananya akan berlangsung pada Sabtu 12 Juni 2021.

“Kita sudah lama sekali tidak bermain. Jadi kita harus bangun lagi ritme permainan tim,” kata pelaih Persiba Alfredo Vera kepada nomorsatukaltim.com, Kamis 10 Juni 2021.

Uji coba Persiba ini tentu paling dinantikan. Karena Vera ingin segera membangun lagi pola permainan tim. Sebelumnya, pelatih asal Argentina itu memberikan porsi latihan yang ekstra. Ya, selama sepekan terakhir ini skuat Persiba digenjot latihan fisik. Mulai dari kecepatan, kekuatan, hingga daya tahan. Secara keseluruhan Vera puas dengan performa anak asuhnya.

“Ya, semua pemain saya lihat oke. Mereka sangat bersemangat ketika latihan lagi. Kita masih terus latihan fisik. Karena kita mau tim ini cepat stabil lagi,” tambah eks juru taktik Persebaya dan Persipura tersebut.

Terkait siapa yang diturunkan Vera tampaknya akan memberikan kesempatan bermain pada semua pemain. Lantaran masih mencari jam bermain. Hasil akhir bukanlah tujuannya. Melainkan kesiapan pemain untuk menyambut Liga 2 bulan depan.

Baca Juga:  Begal Upgrade Kemampuan Melatih

Tapi jika bicara soal starting eleven, tampaknya tidak jauh berbeda. Pemain utama biasanya selalu dimainkan Vera pada babak pertama. Posisi penjaga gawang dihuni Riki Pambudi. Dia akan dikawal empat pemain belakang. Antara lain Eljo Iba, Imam Mahmudi, Dominggus Fakdawer, dan Irvan Febrianto atau Eddy Gunawan. Dengan skema 4-3-3, lini tengah biasa dihuni trio Bryan Cesar, Andre Dio, dan Yusuf Effendi. Bisa juga Septinus Alua menggantikan peran Dio atau Cesar.

Sedangkan tiga penyerang di depan jadi jatah Aji Kusuma sebagai ujung tombak. Eks striker timnas U-19 itu akan ditopang tiga winger. Yudistira Mambrasar dan Oktovianus Maniani. Atau Yogi Novrian dan M Rasul. Terkadang Eddy juga bisa menempati posisi penyerang sayap tersebut.

Uji coba melawan Elang Jawa (julukan PSS Sleman) disambut baik oleh pemain. Seperti Yudistira Mambrasar. Pemain asal Papua itu sudah sangat menantikan pertandingan. Meski sekadar laga persahabatan, winger tersebut sangat antusias. Terlebih selama setahun tak merasakan atmosfer pertandingan. Dia hanya rutin latihan dan terkadang mengikuti liga tarkam.

Baca Juga:  Gol Pertama Liga 2 yang Sulit Dilupakan Yusuf Efendi

“Pekan kemarin sampai pekan ini juga masih kasih naik intesitas latihannya. Tetap semangat sudah seminggu berlatih fisik terus,” ujarnya.

Terkait kekompakan tim sejauh ini Yudistira tak ada kendala. Semua pemain saling kenal. Sehingga tidak perlu waktu lama lagi untuk membangun chemsitry. Yang dibutuhkan Yudistira saat ini hanyalah jam tanding. Melawan PSS Sleman tentu bis mengukur sejauh mana kesiapan skuat Beruang Madu. Soal persaingan di lini depan, Yudi mengesampingkan terlebih dahulu.

“Di posisi winger ya banyak pilihan. Semua dari coach saja siapa yang siap dia yang diturunkan. Dan yang terpenting semua itu demi tim lebih baik,” tambah mantan pemain PSBS Biak tersebut.

Di sisi lain saat ini ada sekira empat pemain yang sedang menjalan trial. Mariando (depan) dan Tedi Berlian (belakang). Juga dua penjaga gawang yang ikut seleksi. Mereka antara lain Satriawan Eka Putra dan Zainus Subhan. Untuk Mariando sejauh ini sesuai ekspektasi Vera. Pun dengan Tedi yang disiapkan untuk mengisi kekosongan bek kiri yang ditinggalkan Irsan Lestaluhu.

Baca Juga:  Persiba Tetap Target Liga 1

“Tedi lumayan bagus. Mariando kita hanya lihat fisiknya saja. Sejauh ini oke, tidak ada masalah,” katanya.

Persiba akan rutin menjalani uji coba. Setidaknya selama satu bulan ke depan. Setelah PSS Sleman, rencananya Beruang Madu  berhadapan dengan Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC. Kedua tim juga tengah pemusatan latihan di Jakarta. Sementara asuhan Vera meski matang untuk menyambut kompetisi. Karena besar kemungkinan Liga 2 digelar dengan format home tournamenti dengan dibagi menjadi empat grup. Format tersebut tentu akan menguras tenaga. Sehingga perlu intesitas latihan yang tinggi agar dapat hasil maksimal. (fdl2)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply