ngopi

Kampung Inggris PPU Gelar English Competition Tingkat SMP-SMA

PPU, nomorsatukaltim.com – Sentral Kampung Inggris di Lawe-Lawe, Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, sedang mempersiapkan diri. Mereka bakal menggelar berbagai lomba dalam Bahasa Inggris (English Competition) untuk jenjang SMP dan SMA.

Pendiri sekaligus tutor Bahasa Inggris di kampung inggris itu, Sandry menuturkan, ada tujuan lain selain untuk meningkatkan kemampuan pelajar dalam berbahasa asing. Kompetisi ini digelar juga untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa di Provinsi Kaltim pun telah memiliki Kampung Inggris.

Sehingga warga Kaltim dan sekitarnya yang ingin lancar berbahasa Inggris, tidak harus jauh ke luar pulau.

“Lomba ini kami gelar karena belum pernah ada lomba dalam Bahasa Inggris di sini yang digelar secara bersamaan. Lomba ini pun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” ujar dia, Kamis (10/6/2021).

English Competition digelar pada 9-13 Agustus 2021. Acara bertempat di kompleks Central Kampung Inggris, dengan pesertanya se-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Total hadiahnya Rp34 juta. Hadiah ini dibagi untuk dua jenjang. Yakni untuk jenjang SMP dengan total hadiah Rp 15 juta dan untuk jenjang SMA sebesar Rp 19 juta.

Terdapat tiga jenis kompetisi dari masing-masing jenjang yang akan disajikan. Yaitu kompetisi Cerdas Cermat, Drama, serta kompetisi Paduan Suara.

Masing-masing kabupaten/kota, lanjut Sandry, hanya boleh mengirimkan maksimal 6 siswa. Perwakilan SMP dan 6 perwakilan tingkat SMA. Sehingga total peserta dari seluruh kabupaten/kota dibatasi maksimal 120 sekolah.

Jumlah peserta dari beberapa sekolah ini, tentu tidak sekaligus berkumpul di satu tempat dalam satu hari. Sehingga dalam waktu lima hari tersebut panitia akan mengatur per beberapa jam dalam sehari. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

“Saat ini sudah dibuka pendaftaran dan sudah ada beberapa kabupaten dan kota yang mendaftar. Pendaftaran hingga 30 Juli. Lomba telah ditetapkan pada 9-13 Agustus tahun ini,” jelas dia.

Lomba ini digelar oleh Kampung Inggris yang disponsori PT Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Bank Kaltimtara, BNI, BRI, GDSK, dan The Rich Hotel.

“Kami sudah komunikasikan dengan PT Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan terkait rencana lomba berbahasa Inggris ini, kemudian pihak Pertamina RU V setuju menjadi sponsor dalam lomba tingkat Provinsi Kalimantan Timur mendatang,” ujarnya.

Peserta akan memperebutkan Piala Kehormatan Gubernur Kaltim untuk jenjang SMA. Sedangkan untuk jenjang SMP dan yang sederajat memperebutkan Piala Kehormatan Bupati PPU.

Selain itu, ada pula Piala Bergilir dari Pertamina RU V Balikpapan. Karena kegiatan ini akan secara rutin digelar setiap tahun. Tentu dengan mekanisme yang bervariasi setiap kali digelar lomba.

Ia juga mengatakan bahwa proses belajar mengajar conversation (percakapan) di Kampung Inggris Lawe-Lawe sudah berjalan sejak tahun 2017. Sebelumnya proses belajarnya masih menumpang di Pendopo Kelurahan Lawe-Lawe dan di Ruang Meeting The Rich Hotel, Lawe Lawe.

“Selama pandemi COVID-19 ini, tempat belajar kami pindahkan ke aula di The Rich Hotel dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Namun, sejak kemarin, proses belajarnya sudah pindah ke Kampung Inggris karena infrastuktur di Kampung Inggris sudah jadi meski yang tuntas baru tahap satu,” tutup Sandry. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply