alexa

Fix Tuan Rumah Popda, Paser Tak Masalah Soal Venue

Paser, nomorsatukaltim.com- Besar kemungkinan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-XVI Kaltim. Dihelat di Kabupaten Paser, sekira November atau Desember mendatang. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Yusuf Sumako mengungkapkan kepastian Bumi Daya Taka menjadi tuan rumah. Usai mendapatkan persetujuan dari Gubernur Kaltim, Isran Noor.

“Untuk pelaksanaan Popda di Kabupaten Paser sudah ditandatangani oleh gubernur sekira akhir Mei lalu,” kata Yusuf Sumako, Selasa (8/6/2021).

Akhir bulan ini tim verifikasi dari Provinsi Kaltim bakal ke Kabupaten Paser. Meninjau kesiapan termasuk arena-arena yang bakal digunakan dalam pertandingan. Dari 21 cabang olahraga (cabor) yang bakal dipertandingkan. Dia menjamin seluruhnya terlaksana di Paser. Tidak ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), apalagi di Kota Balikpapan. Untuk venue tak jadi persoalan.

“Survei kami dengan pengurus cabor yang akan dipertandingkan. Baik venue punya pihak swasta, dipastikan dapat dimanfaatkan. Semua pertandingan dilaksanakan di Kabupaten Paser. Kecuali yang belum selesai sekarang ini lintasan atletik,” tuturnya.

Untuk penginapan kontingen atlet dari luar daerah, dikatakannya tidak perlu khawatir. Karena ditanggung oleh tuan rumah. “Kami yang tanggung. Tapi duitnya dari Bankeu (Bantuan Keuangan) Pemprov Kaltim,” sebutnya.

Baca Juga:  Virtual 26 Februari

Dana Bankeu yang ada sekarang di APBD Murni sebesar Rp 5 miliar. Pihaknya,melalui DPRD Paser mengupayakan nominal itu bertambah Rp 2,5 miliar. Sehingga menyentuh angka Rp 7,5 miliar dianggap ideal. Menurutnya, anggaran dari APBD Pemkab Paser sendiri amatlah kecil. Sementara ini hanya Rp 600 juta. Itu pun hanya bisa memenuhi perlengkapan atlet..

Yusuf mengaku telah berkoordinasi dengan Bupati Paser. Berharap ada penambahan nominal serta meminta bantuan dari pihak swasta. Khususnya perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Paser. “Untuk anggaran APBD memang saya tidak terlalu mengharapkan. Karena anggarannya sakit-sakitan (sedikit). Sedih sebenarnya, padahal tuan rumah. Mudahan ada tambahan di APBD Perubahan. Juga peran serta perusahaan sangat diharapkan,” ungkapnya.

Persiapan Kabupaten Paser sebagai tuan rumah telah mencapai 80 persen. Untuk arena atletik rencananya di Stadion Gantung Tentang, kilometer 5 kecamatan Tanah Grogot. Banyak yang harus ditata. Selain arena atletik, rerumputan meninggi dan fasilitas lainnya perlu dilakukan pemeliharaan atau perbaikan.

“Itu juga arena lintasan atletik di stadion bakal diupayakan oleh DPRD Paser. Karena sudah ada landasannya,” terang Yusuf.

Baca Juga:  Dinkes Gandeng RT-Lurah Pantau Pasien Isman

Sebagai catatan Popda XVI nantinya, 21 cabor bakal dipertandingkan. Antara lain voli, basket, tenis meja, atletik, tenis, sepakbola, panahan, bulutangkis, renang, takraw, dayung, angkat besi, senam. Cabor bela diri ada , karate, judo, kempo, tinju, taekwondo, gulat, pencak silat. Serta catur yang jadi cabor eksebisi. “Target kami juara umum. Untuk andalan ada renang, pencak silat, sepak bola dan panahan,” ujarnya.

Namun gelaran Popda tak menutup kemungkinan ditiadakan atau ditunda. Jika kasus COVID-19 mengalami lonjakan. “Ya tanggal pasti pelaksanaan belum ada. Ditargetkan akhir November atau awal Desember terlaksana Popda ini,” tutupnya. (asa/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply