ngopi

Rehabilitasi Jalan Rusak di Kukar Kebagian Rp 5 Miliar

KUKAR, nomorsatukaltim.com – Jalan rusak milik kabupaten yang terletak di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Desa Teluk Dalam, bakal segera diperbaiki. Jalan yang mengalami kerusakan parah tersebut sudah masuk rencana penganggaran tahun 2021 ini. Termasuk beberapa titik ruas jalan yang berada di dalam Kota Tenggarong.

Saat ini segala persiapan dokumen sedang disiapkan, termasuk di dalamnya pengukuran panjang jalan rusak yang akan diperbaiki. Berdasarkan pantauan, sekitar 100-300 meter jalan rusak parah. Lubang sedalam 5-10 sentimeter menghiasi seluruh badan jalan yang rusak.

Masyarakat yang melintas pun terlihat saling antre, terlebih aktivitas kendaraan keluar masuk SPBU yang mengisi bahan bakar. Jalan semakin padat merayap, ketika truk-truk mengantre mengisi bahan bakar di sana.

“Tahun ini (akan) dikerjakan. Tahun ini akan dilaksanakan perbaikan bersamaan dengan jalan di dalam kota,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar, Muhammad Yamin, Selasa (8/6/2021).

Untuk anggaran, DPU Kukar sudah menyiapkan sekitar Rp 5 miliar lebih. Namun khusus jalan rusak di depan SPBU Desa Teluk, DPU Kukar harus menganggarkan sekitar Rp 1 miliar. Tahapan saat ini dijelaskan Yamin, sudah di Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Kukar.

“Tinggal lelang saja itu,” lanjutnya lagi.

Beberapa jalan lainnya, seperti di Jalan Danau Semayang. Yang memang sempat dilakukan peningkatan jalan berupa pembangunan saluran drainase.

“Semua jalan yang rusak dimaksimalkan perbaikannya,” pungkas Yamin.

Diketahui jalan tersebut merupakan salah satu akses penghubung antara Kukar dan Samarinda. Dan seringkali dikeluhkan oleh warga yang kerap melintas di sana. Ditambah tidak ada penerangan jalan pada malam hari. Sehingga tidak jarang ada pengguna jalan yang kerap terjatuh saat melalui jalan tersebut. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply