alexa

Bersihkan Lahan, Petani Manggar Temukan Mortir Zaman Perang Dunia II

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sejumlah petani di kawasan Manggar, Balikpapan Timur yang sedang melakukan pembersihan lahan, tiba-tiba dikejutkan oleh temuan benda mencurigakan mirip bom atau mortir, Rabu (9/6/2021) pukul 10.15 Wita.

Sontak aktivitas bersih-bersih lahan pun langsung dihentikan. Pemilik lahan bernama Lin (35) pun langsung melaporkan temuan benda yang terbuat dari besi ini kepada Ketua RT 48 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Emhawi.

“Yang punya lahan pak Lin itu lapor ke saya. Saya pun langsung meneruskannya ke Babin Manggar,” ujar Emhawi.

Setelah melaporkan ke Babhinkantibmas Manggar, Bripka Ahmad membuat laporan terusan ke SPKT Polsek Balikpapan Timur. Akhirnya laporan tersebut sampai pada Brimob Polda Kaltim.

“Enggak lama datang dari Brimob,” tambah Ketua RT 48 Kelurahan Manggar ini.

Setibanya di lokasi yang terdapat benda yang diduga bom peninggalan Perang Dunia (PD) ke-II ini, Unit Jibom Detasmen Gegana Satbrimob Polda Kaltim segera melakukan evakuasi terhadap benda tersebut.

“Kami melaksanakan evakuasi mortir dengan ciri-ciri jenis mortir proyektil, diameter mortir 13 cm, panjang mortir 20 cm dan berat mortir 6 kilogram,” ujar Iptu Sigit Purnomo, yang memimpin evakuasi.

Baca Juga:  Diduga Tanggul Tambang Jebol, Polda Kaltim Kirim Tim Investigasi Usut Penyebab Banjir Berau

Saat Unit Jibom selesai melaksanakan kegiatan evakuasi, juga mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada dengan barang temuan yang dikira mencurigakan.

Terpisah, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang mengatakan, agar masyarakat lebih berhati-hati ketika menemukan benda yang mencurigakan dan tidak melakukan evakuasi sendiri.

“Jangan disentuh, jangan digoyang apalagi dipindahkan. Tetapi karena ketidaktahuannya masyarakat diharapkan lebih berhati-hati ketika menemukan barang tersebut dan segera melaporkan kepada pihak Kepolisian terdekat,” tutup Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply