ngopi

Agus Tagih Komitmen Pemprov Kaltim soal Perbaikan Jalur Bengalon-Kaliorang

KUTIM, nomorsatukaltim.com- Pemkab Kutai Timur sudah diresmikan sejak tahun 1999. Namun persoalan jalan rusak masih saja menghantui hingga kini. Selain akses berlumpur yang sempat viral belum lama ini di kawasan Muara Bengkal. Jalur Sangatta menuju Sangkulirang, utamanya jalan poros Bengalon-Kaliorang, sebenarnya sangat butuh perhatian.

Gerak lambatnya Pemprov Kaltim memperbaiki jalur tersebut, belakangan dikeluhkan oleh anggota DPRD Kutim Dapil IV, Agusriansyah Ridwan. Apa yang dikatakannya?

Rute dari ibu kota kabupaten Kutim, Sangatta meuju Sangkulirang sejatinya merupakan jalur emas di Kutim. Karena selain menjadi akses utama bagi Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang, Kaubun, Sandaran, dan Karangan. Jalur tersebut juga menjadi denyut nadi perekonomian yang meliputi bidang jasa dan transportasi, pertanian dan perkebunan, sampai ke sektor pariwisata.

Selain menjadi akses ke beberapa destinasi terkenal di Kutim seperti Pulau Miang dan Goa Tapak Tangan, jalur tersebut juga menjadi akses terdekat menuju kawasan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau.

Sayang, besarnya potensi ini belum juga membuka mata pemerintah daerah. Agusriansyah, yang merupakan perwakilan masyarakat Kecamatan Sangkulirang, Karangan, Sandaran, Kaliorang, dan Kaubun pun jadi kesal.

Ia sudah menyuarakan perbaikan rute Bengalon-Kaliorang ini ke DPRD Provinsi Kaltim. Juga sudah berbicara berulang kali melalui media. Namun hingga kini belum juga ada respons dari Pemprov Kaltim.

“Pada saat pertemuan dengan mereka (DPRD Kaltim), kami sudah sampaikan agar jalan tersebut menjadi prioritas, karena ini menjadi kebutuhan masyarakat. Kebutuhan dasar ini tentunya akan berimplikasi terhadap peningkatan ekonomi dan peningkatan yang lainnya,”jelasnya.

Diungkapannya, gerak lambat pemerintah ini berdampak pada semakin parahnya rute tersebut. Apalagi saat turun hujan. Roda 2 maupun 4 akan sangat kesulitan menempuh jalan dari Jembataan Ma’aruf sampai Simpang Empat Kaliorang.

“Saya berharap, di kepemimpinan Gubernur Kaltim Isran Noor, jalan tersebut menjadi prioritas dan segera dikerjakan pengerjaannya tidak putus putus,” harapnya.

Terlebih, kata Agus, perbaikan jalan di area ini sebenarnya sudah menjadi komitmen Isran Noor dan Hadi Mulyadi saat melakukan kampanye di wilayah Sangka pada Pilgub Kaltim 2018 lalu.

“Saya yakin, mereka akan komitmen untuk memenuhi harapan masyarakat di wilayah tersebut,”pangkasnya. (adv/ava)

dprd kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply