alexa

DPRD Balikpapan Dorong BPJS Gratis untuk Warga, Anggaran Sudah Disiapkan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Realisasi pembiayaan iuran BPJS Kesehatan gratis untuk warga Balikpapan terus digodok. Sampai saat ini, estimasi anggaran yang akan digelontorkan sekitar Rp 40 miliar.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh memastikan dewan bakal mendorong. Agar estimasi pembiayaan itu didapat untuk jangka waktu satu tahun.

“Kami sedang membahas merealisasikan program wali kota. Ada beberapa program misalnya baju sekolah untuk murid baru, untuk BPJS Kelas 3 mandiri, kami sedang mendata agar tidak overlap,” ujarnya, Selasa (8/6/2021).

Maksudnya, data itu berguna untuk memastikan. Siapa yang berhak menerima program pembayaran iuran BPJS Kesehatan tersebut. Jangan sampai ada double pembayaran karena sudah dibayar perusahaan.

“Jangan double, nanti mubazir,” tegas Abdulloh.

Adapun data Keluarga Miskin (Gakin) sudah jelas bakal menerima program di sektor kesehatan tersebut. Anggaran Rp 40 miliar itu khusus untuk BPJS dan harus terwujud tegasnya.

Sekretaris DPC Partai Golkar Balikpapan itu meyakini program BPJS Kesehatan gratis mampu diakomodir APBD.

“Masih mampu.

Makanya kita genjot juga PAD (Pendapatan Asli Daerah),” katanya.

Menurutnya masih banyak sumber PAD yang belum dimaksimalkan. Ia mencontohkan ada sekitar 4,5 ribu Wajib Pajak (WP) di Kota Beriman, namun WP yang aktif baru sekitar 2 ribu WP, atau masih sekitar 50 persen.

“Potensi itu kami akan gali untuk kepentingan rakyat,” tutup Abdulloh. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply