Pengelolaan Bank Sampah di PPU Dilombakan

PPU, nomorsatukaltim.com – Bank sampah yang ada di Penajam Paser Utara (PPU) berpartisipasi dalam lomba, yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU.

Kepala DLH PPU Tita Deritayati menuturkan ajang ini bertujuan untuk memotivasi pengurus dalam pengelolaan sampah dan tertib administrasi, khususnya dalam manajemen bank sampah.

Selain itu untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program ini. Untuk mengevaluasi pengelolaan sampah sekaligus memberi apresiasi kepada bank sampah, yang telah mengelola sampah secara benar dan ramah lingkungan.

“Dari sisi ekonomi, pembentukan bank sampah unit di setiap kelurahan/desa, tentu akan memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat. Manfaat lainnya adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” ucap Tita, Rabu (9/6/2021).

Gelaran diadakan mulai 7 Juni. Dan pemenang akan diumumkan pada 14 Juni nanti. Sebanyak 33 unit bank memperebutkan total hadiah Rp 6,25 juta.

Sistem penilaian dilakukan beberapa tahap. Kriteria penilaian lomba antara lain kelengkapan struktur organisasi, buku catatan tabungan per nasabah, buku daftar nasabah, keaktifan penyetoran tabungan oleh bank sampah unit, jumlah nasabah, kreativitas, dan kebersihan.

“Setelah rampung penilaian, hasilnya nanti akan kami umumkan pada 14 Juni. Rencana pengumumannya sekaligus penyerahan hadiah akan dilakukan di Kantor Bupati PPU sekaligus penyerahan hadiah,” ujarnya.

Para pemenang mendapat piagam penghargaan dan uang tunai, yakni juara 1 memperoleh Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta, juara 3 Rp 1 juta, juara harapan 1 Rp 750 ribu, harapan 2 dan harapan 3 masing-masing memperoleh Rp 500 ribu. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply