Dongkrak Kapasitas SDM Pariwisata

Kutim, nomorsatukaltim.com – Untuk memajukan sektor pariwisata, Kutai Timur (Kutim) harus pula mendongkrak kapasitas sumberdaya manusia (SDM) yang bergerak di sektor itu. Karena menurut Ketua Komisi D DPRD Kutim, Maswar, hal itu jadi kunci utama.

Oleh sebab itu, pelaku bisnis pariwisata sejak saat ini harus memiliki SDM yang cukup dan cakap untuk mengelola objek pariwisata yang ada. Begitu pula untuk pariwisata di tingkat Desa. Terlebih Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN), tentu sebagai daerah penyangga Kutai Timur harus mengambil peranan itu.

“Pertama ditingkatkan yakni insannya, hal itu sejalan dengan RPJMD Kutim. Terkait pariwisata, yang mesti ditingkatkan SDM-nya terlebih dahulu,” tegas politisi dari dapil IV ini.

Dirinya menganalogikan seperti dikasih pancing tapi tidak tau cara memancing. Itulah mengapa pemahaman SDM untuk mengelola pariwisata secara profesional menjadi dasar utama. Setelah itu, baru dapat dijadikan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang konsisten ke depannya.

Hal itu sejalan dengan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Pariwisata se-Kaltim tahun 2021, yang dilaksanakan di Kutim pada (02/06) lalu. Dengan tema pengembangan desa wisata dimasa pandemi untuk Kaltim berdaulat.

Dimana pada kesempatan itu, Ketua Komisi D Maswar mewakili Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur untuk mengikuti welcome dinner dan pembukaan, di ruang meranti Kantor Bupati Kutim. (adv/bct)

pemprov iduladha
dprd kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: