alexa

Penemuan Pra-sejarah di IKN, Mestinya Jadi Kawasan Cagar

PPU, nomorsatukaltim.com – Ada penemuan mengejutkan di kawasan yang ditetapkan sebagai wilayah ibu kota negara (IKN) baru. Tepatnya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Di beberapa titik di sana, ditemukan adanya bukti peradaban purba. Menyikapi hal itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD PPU, Irawan Heru Suryanto menganggap itu merupakan penemuan besar. Dan pemerintah harus tepat dalam memperhatikan hal itu.

“Karena sudah ada buktinya, bahwa di sana ada situs pra-sejarah,” ucapnya, Senin, (7/6/2021).

Penelitian itu dilakukan Tim Arkeolog Nasional. Yang mengungkapkan ada berbagai bukti tulang belulang, perkakas dan bukti lainnya. Jika tempat itu pernah ada kehidupan.

Hingga saat ini, bukti-bukti itu masih dikaji. Untuk selanjutnya dibahas rencana selanjutnya.

“Biar peneliti yang meneruskan kajiannya. Karena mereka yang mengerti. Tapi kami sebagai dewan di daerah, tentu berharap mereka tak menghilangkan bukti-bukti itu,” jelasnya.

Dalam rencana pemindahan IKN, tentunya DPRD PPU akan mengawal. Agar di lokasi itu tak turut tersentuh pembangunan infrastruktur. Tujuannya agar kawasan itu tak hilang.

Baca Juga:  Sujiati: PPU Perlu Depo Arsip

“Kalau bisa, wilayah itu ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya. Agar generasi penerus bangsa juga tahu,” tutupnya. (ADV/rsy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply