alexa
ngopi

Cakupan Rendah, Vaksinasi Lansia di PPU Baru 8 Persen

PPU, nomorsatukaltim.com – Proses vaksinasi COVID-19 di Penajam Paser Utara (PPU) terus berjalan. Mulai sejak Februari lalu. Namun, tak berjalan sesuai yang diharapkan. Masih banyak yang enggan untuk menerima suntikan antivirus itu.

Vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia (lansia) atau yang sudah berusia 60 tahun ke atas di PPU masih menjadi prioritas. Dilakukan di 11 Puskesmas yang tersebar di berbagai wilayah.

“Saat ini proses vaksinasi masih masih berjalan dan difokuskan bagi pelayanan publik dan lansia. Lansia itu jadi prioritas kami,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes) PPU, Temu, Jumat, (4/6/2021) lalu.

Sementara data sasaran lansia sebanyak 16.921 orang. Namun serapan vaksinasi lansia terbilang sangat rendah.

“Kita akui untuk lansia itu masih rendah serapannya. Karena memang banyak orang tua yang tidak berani divaksin,” ungkapnya.

Progres vaksinasi lansia hingga kini baru mencapai 8 persen atau lebih kurang 1.350 orang. Rendahnya cakupan vaksinasi lansia, juga diakui akibat keterbatasan petugas vaksinasi (vaksinator) yang ada di tiap puskemas. Selain itu, pasokan vaksin juga belum bertambah dari Pemprov Kaltim.

Baca Juga:  Pintu Masuk PPU Masih Ketat, Pemudik Lokal Meningkat

Meski demikian, Diskes PPU melalui petugas di masing-masing puskemas terus berupaya melakukan sosialisasi. Kendati vaksinasi khususnya bagi lansia bukan hal yang wajib.

“Kita terus lakukan edukasi terhadap masyarakat lansia,” tutup dia. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply