ngopi

Tak Kirim Kafilah, Mahulu Hanya Kirim Peninjau ke MTQ Bontang

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 Kaltim yang digelar di Bontang rupanya tak diikuti seluruh daerah di Bumi Etam. Kabupaten Mahulu memutuskan tak mengikuti ajang tersebut yang berlangsung 4-9 Juni nanti.

“Hanya mengirim peninjau. Dalam rangka mendukung program Pemkab untuk menanggulangi pandemi COVID-19,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Mahulu, Longginus, melalui Kasi Pendidikan Islam, Bimas Islam dan PHU, Djuni, kepada Harian Disway Kaltim dan Nomorsatukaltim.com, Jumat (4/6/2021).

Djuni yang juga merupakan Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Mahulu menuturkan, tujuan mengirimkan peninjau, sesuai surat Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh kepada Ketua LPTQ Provinsi Kaltim.

“Mengirim peninjau agar dapat menggali ilmu tentang pelaksanaan MTQ. Karena tidak menutup kemungkinan suatu saat Mahulu akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Kaltim,” tandas Djuni.

Sementara itu, dalam surat Bupati Mahulu kepada Ketua LPTQ Provinsi Kaltim, Nomor: 400/4418/KESRA-TU.P/V/2021, tertanggal 10 Mei 2021. Bupati menjelaskan alasan Mahulu tak ikut serta mengikuti MTQ.

“Namun Pemkab Mahulu akan mengirim peninjau sebagai perwakilan. Mengingat situasi pandemi akibat penularan virus COVID-19 yang masih tinggi,” tulis Bupati Bonifasius.

Bupati juga mengatakan, kegiatan yang melibatkan pengumpulan massa di dalam maupun di luar Kabupaten Mahulu, tidak diperkenankan. Hal itu sesuai Instruksi Bupati Mahulu nomor 4 tahun 2021, tentang perpanjangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Serta pengaturan akses keluar masuk wilayah Mahakam Ulu,” urai Bupati Bonifasius di dalam surat itu.(imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply