Adopsi Beruang Madu “Anna” untuk Dongkrak Pariwisata Mendunia

Four Points by Sheraton Balikpapan 

Balikpapan, nomorsatukaltim.comFour Points by Sheraton Balikpapan punya misi mengenalkan beruang madu ke mata dunia. Dengan begitu, maskot Kota Balikpapan itu akan menjadi daya tarik wisatawan. Membangkitkan kembali gairah pariwisata.   

Misi itu diwujudkan dengan mengadopsi Anna. Beruang madu betina yang kini menempati area penangkaran di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan. Program adopsi kerja sama KWPLH ini diberi mana #LOVEANNA.

“Supaya Balikpapan dapat lebih dikenal dengan beruang madunya. Dikenal secara nasional dan internasional. Dan menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke Kota Minyak (Balikpapan, Red),” tutur General Manager Four Point Balikpapan, Muhammad Jufri Sakka ditemui di Hotel Four Points by Sheraton Balikpapan, Kamis (3/6/2021).

Hotel jaringan Sheraton Marriot Group itu akan membiayai perawatan Anna selama satu tahun. Jufri berharap, upaya yang dilakukan ini bisa menjadi penyemangat. Agar intansi lain ikut membantu perawatan beruang madu.

Diketahui, biaya untuk merawat satu ekor beruang madu cukup besar. Apalagi di KWPLH kini terdapat enam ekor beruang madu.

“Kami ingin membawa program tersebut ke skala nasional hingga dunia. Melalui jaringan Sheraton Marriot Group. Agar harap bisa memperkenalkan beruang madu di mata dunia,” papar Jufri.

Dalam kesempatan itu, Ketua Yasasan Pro Natura Kota Balikpapan, Nunik Sri Wahyuni selaku pengelola KWPLH mengatakan, program adopsi satwa liar ini dilakukan secara berkesinambungan berupa pemberian pakan dengan standar nutrisi yang terjaga, akses kepada perawatan medis, dan kesejahteraan yang berlandaskan kaidah-kaidah konservasi.

“Kami merawat dan mengembangkan KWPLH melalui donasi. Kami harap donasi bisa terus terjaga dan wisata edukasi kami bisa terus jalan. Merawat beruang madu ini tidak mudah. Membutuhkan biaya hingga miliaran per tahunnya,” pungkasnya. (fey/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply