alexa

Mabes Polri Nilai Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Bukit Biru Kukar

Kukar, nomorsatukaltim.com – Mabes Polri sambangi langsung Kutai Kartanegara (Kukar). Mengecek sekaligus melakukan penilaian secara langsung, kampung tertib berlalu lintas di Kelurahan Bukit Biru, Tenggarong.

Sejauh pemantauannya, Katim Penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas Kaltim, Korlantas Mabes Polri AKBP Aldo Siahaan mengatakan, beberapa parameter penilaian yang menjadi patokan dan sudah ditetapkan oleh Mabes Polri, kurang lebih sudah disanggupi oleh Kampung Tertib Lalu Lintas Bukit Biru.

Di antaranya terkait keberadaan rambu-rambu lalulintas di sekitar kampung, adanya keberadaan trotoar, dibangunnya fasilitas pejalan kaki, fasilitas untuk pengguna sepeda. Meskipun tidak semua kampung diyakini belum memenuhi seluruh parameter tersebut. Namun setidaknya memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

“Hal ini menjadi penilaian, semakin mendekati parameter, semakin besar peluang dan berpotensi menjadi yang terbaik,” terang Aldo Siahaan pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Kamis (3/6/2021).

Aldo pun menegaskan, diciptakannya Kampung Tertib Lalu Lintas ini tidak serta merta hanya seremonial belaka. Namun lebih kepada mengedukasi masyarakat, semenjak usia dini, di lingkungan keluarga, yang memang menjadi komponen kecil masyarakat.

Baca Juga:  Kunjungan Kerja Perdana, Kapolres Kukar: COVID-19 Itu Nyata

Karena sejauh ini dianggapnya masih banyak keluarga yang belum paham dan peduli, dengan memperhatikan keselamatan saat berkendara di jalan raya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kukar, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra mengatakan. Dibangunnya Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Bukit Biru ini mampu mendorong kelurahan dan desa lainnya untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik di Kukar. Tujuan akhirnya, budaya tertib berlalulintas di Kukar dapat terwujud dengan baik

Tentu Satlantas Polres Kukar pun tidak langsung lepas tangan. Pembinaan juga turut dilakukan. Setidaknya ada dua metode, pembinaan langsung di Satlantas dengan memanggil perwakilan masyarakat untuk saling berbagi dan mengedukasi. Sekali dalam sepekan. Ataupun anggota Satlantas yang menyambangi Kelurahan Bukit Biru.

“Sepekan sekali di hari Sabtu untuk mengikuti pelatihan lalu lintas dan pengetahuan tentang Undang-Undang Lalu Lintas,” ujar Agung.

Meskipun masih ada yang terpantau masyarakat di Kampung Tertib Lalu Lintas yang kedapatan tidak menggunakan helm saat berkendara. Ia pun tidak memungkiri hal tersebut. Dan menjadi pekerjaan rumah besar bagi personelnya. Dengan memberikan edukasi hingga imbauan menggunakan spanduk.

Baca Juga:  10 Kali Masuk Penjara, Raja Maling Dapat Asimilasi Beraksi Lagi

“Akan kita imbau dulu, setelah tenggang waktu yang ditetapkan, akan ditindak,” pungkas Agung.

Nantinya, program yang sudah berjalan kurang lebih dua bulan lamanya ini. Akan dilakukan penilaian, untuk menentukan kampung mana yang akan mewakili Kaltim ditingkat nasional. Yang di mana Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Bukit Biru ini akan bersaing dengan dua kampung lainnya di Kaltim. Yakni yang ada di Bontang dan PPU. Untuk bertarung dengan 33 provinsi lainnya di Indonesia.

“Kalau tidak ada perubahan secepatnya, sudah berjalan dua bulan ini apabila mengizinkan ditarget tanggal 22 September ini diumumkan se-Indonesia,” tutup Aldo. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply