alexa

Bakar Sampah Kena Jargas, Api Nyaris Bakar Rumah Warga

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Warga RT 1 Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah mendadak panik. Lantaran muncul semburan api dari pipa jaringan gas (Jargas) pada Kamis (3/6/2021) sekira pukul 07.20 Wita. Api dari jargas tersebut pun nyaris membakar rumah warga yang ada di dekatnya.

Diketahui, api bermula saat seorang warga melakukan aktivitas bakar sampah di lokasi kejadian. Sampah yang terbakar rupanya melelehkan pipa jaringan gas yang ada di dekatnya. Pipa pun putus dan mengeluarkan gas.

“Tadi ada orang bakar sampah di sini, terus ada pipa jargas ikut meleleh dan pas putus api tambah besar. Nah, yang bakar sampah panik, langsung meninggalkan tempat,” ujar Dwi Cahyo, Koordinator Jargas Balikpapan.

Api membesar dan sempat membakar siring jalan di lokasi tersebut. Beruntung petugas langsung mematikan aliran gas, sehingga api pun berhenti dan tak sempat menyebar ke mana-mana.

“Langsung dimatikan alirannya yang di situ. Alhamdulillah sudah padam,” jelasnya.

Dwi pun mengimbau kepada warga agar memerhatikan lokasi di sekitarnya, untuk tidak beraktivitas yang menimbulkan kebakaran. Terutama melakukan bakar sampah di dekat pipa jaringan gas. Sebab bisa saja kejadian ini terulang kembali akibat kelalaian warga.

Baca Juga:  Api Mengamuk, Dua Rumah di Baru Ilir Ludes

“Kami imbau agar warga tidak bakar-bakar sampah, apalagi di dekat pipa jargas. Harusnya lebih memerhatikan sekitarnya. Seperti kejadian ini, yang bakar kayaknya tahu kalau ada pipa, tapi entah kenapa tetap bakar sampah dekat situ,” tambahnya.

Sementara itu warga sekitar, Bagio mengaku saat api membesar dari jaringan gas, ia diberitahukan oleh sang anak.

“Anak saya pas lagi main di luar, dia teriak api-api jadi saya keluar,” ujarnya.

Bagio pun langsung menghubungi orang Kelurahan untuk meminta bantuan.

“Ya saya tahunya orang Kelurahan aja telepon dia. Ternyata itu jargas yang terbakar,” jelasnya.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan kerugian materil dari warga sekitar. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply