ngopi

60 Kafilah Kukar Ikuti MTQ ke XLII Bontang

Kukar, nomorsatukaltim.com – Sebanyak 120 orang yang tergabung dalam kontingen Kutai Kartanegara (Kukar) diberangkatkan ke Bontang. Mewakili Kukar dalam gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XLII tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Terdiri dari 60 kafilah. Sisanya merupakan tim pelatih, pendamping kafilah, dan official tim.

Pelepasan pun langsung dilakukan oleh Asisten 1 Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Akhmad Taufik Hidayat. Ditandai dengan penyerahan bendera kafilah Kukar kepada Ketua Kontingen Kukar, Mukhtar, yang juga merupakan kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kukar.

Tidak main-main. Taufik pun memastikan kontingen Kukar bakal kembali merebut gelar juara umum untuk keempat kalinya. Setelah merebutnya pada 2017 di Penajam Paser Utara (PPU), tahun 2018 di Berau. Dan gelaran terakhir pada 2019 lalu di Paser.

Berbagai persiapan pun dijelaskan Taufik sudah dilakukan. Seperti melaksanakan Training Camp (TC) mandiri maupun TC terpusat di Sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kukar. Namun secara bergantian. Menghindari ada penumpukan orang dalam jumlah banyak.

“Targetnya seperti 2019, menargetkan juara umum lagi,” terang Taufik pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Kamis (3/6/2021).

Tim kontingen Kukar sendiri langsung diberangkatkan menuju Bontang. Pasca dilepas secara langsung oleh Taufik dan jajaran. Ia pun berpesan para kontingen bisa menjaga protokol kesehatan (Prokes) selama pelaksanaan gelaran MTQ. Terutama bagi para kafilah yang berlomba mewakili Kukar. Karena memang kondisi pandemi di Bontang dan Kaltim secara luas belum melandai.

Taufik pun memastikan, seluruh kafilah yang berangkat sudah menjalani serangkaian persiapan. Tidak terlepas terkait pemeriksaan swan tes antigen. Sebagai salah satu syarat masuk ke Kota Bontang dan mengikuti ajang MTQ.

Tidak terlepas pesan yang disampaikan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, yang saat ini sedang di Jakarta untuk menjalani serangkaian penanganan kesehatan. Meminta para kafilah untuk tetap fit dan semangat dalam berlomba mensyiarkan agam Islam. Dan target juara umum bisa dipertahankan untuk keempat kalinya.

Sesuai jadwal yang sudah diberikan panitia pelaksana, kontingen Kukar akan pulang kembali ke Kukar pada Selasa, 8 Juni 2021 pekan depan. Setidaknya ada 25 cabang yang akan diikuti oleh kalifah. Dan 8 cabang unggulan yang menjadi kekuatan kontingen Kukar. Yakni cabang kaligrafi, tilawah remaja, tilawah dewasa, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ), cabang cacat netra (canet), hapalan hadits, hapalan 1 juz tilawah dan hapalan 5 juz tilawah. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply