ngopi

Promosi Wisata PPU Lewat SMS Blast

PPU, nomorsatukaltim.com – Masa kini eranya digital. Maka itu, promosi wisata melalui daring dianggap paling efektif. Menyikapi itu, Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) PPU punya program.

Selain mempromosikan secara masif di dunia maya, upaya yang dilakukan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ialah melalui pesan singkat. Nama programnya “Cara Asik Kenal Pariwisata Penajam Paser Utara” yang disingkat Cakep PPU. Program inovasi ini bertujuan mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten PPU melalui SMS blast.

“Cakep PPU program inovasi yang digagas Disbupar PPU. Tujuannya mempromosikan pariwisata PPU secara aktif langsung kepada masyarakat yang datang atau sedang melewati PPU baik yang menuju Kabupaten PPU atau Provinsi lain yang melintasi PPU melalui SMS blast,” kata Kepala Disbupar Kabupaten PPU, Andi Israwati dia, beberapa waktu lalu.

Isi dari pesan tersebut ialah ajakan. Untuk berwisata ke PPU disertai link terkait informasi. Jika dibuka berisi tentang profil wisata yang ada di Kabupaten PPU. Lengkap dengan video promosi dan lokasi obyek wisata.

“Selain destinasi 11 destinasi wisata unggulan dan video promosi lokasi obyek wisata, dalam link isi SMS blast itu juga berisi tentang kebudayaan, data hotel dan penginapan, serta data pusat oleh-oleh khas PPU,” jelas dia.

Sebelas destinasi itu ialah, Pantai Sipakario, Pantai Corong, Pantai Tanjung Jumlai, Pulau Gusung, Waduk Sesulu, Taman Bunga Rozelin, Goa Tolu Liang, Goa Besiang, Air Terjun Tembinus, Penangkaran Rusa Penajam dan Ekowisata Mangrove.

Israwati menilai langkah ini efektif. Jadi masyarakat yang awalnya hanya ingin lewat atau melintasi wilayah PPU, atau hanya sekedar berkunjung ke kerabat mereka dapat tertarik untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di PPU.

“Uji coba telah dilaksanakn selama 2 hari, tepatnya pada 24 hingga 25 Mei 2021 dengan mengirimkan SMS promosi ke 500 pengguna layanan Telkomsel pada radius 500 meter persegi di pintu masuk utama PPU, yaitu pelabuhan ferry, pelabuhan speedboat, dan pelabuhan klotok,” bebernya.

Pelanggan dari provider Telkomsel yang dipilih sebab memiliki banyak pengguna. Adapun yang mendapatkan SMS blast promosi wisata ini adalah pelanggan yang menggunakan ponsel berbasis Android maupun Iphone. Dengan penggunaan pulsa minimal Rp 50 ribu per bulan.

“Selama program uji coba dilaksanakan, kami juga melakukan survei dan wawancara kepada beberapa penerima SMS blast, untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelaksanaan program ini,” terang Israwati.

Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat, diketahui sebagian besar penerima SMS merasa sangat terbantu. Pasalnya masyarakat pada umumnya tidak mengetahui jika di PPU ternyata banyak destinasi wisata yang menarik.

“Ini tentu menimbulkan minat mereka untuk berwisata ke PPU,” pungkas dia. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply