alexa

5 Calon Jemaah Haji Mahulu Tunggu Kepastian Keberangkatan

Mahulu, nomorsatukaltim.com –  Kantor Kemenag Wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) sampai saat ini hanya menunggu. Terkait dengan belum ada kepastian soal pemberangkatan ibadah haji tahun 2021 dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Kepala Kantor Kemenag Wilayah Mahulu, Longginus, melalui Kepala Seksi Pendidikan Islam, Bimas Islam dan PHU, Djuni, membeberkan pihaknya menunggu keputusan resmi dari Kemenag RI.

“Karena terpusat, sampai saat ini belum ada kuota yang kita (RI) terima dari negara Arab Saudi,” jelasnya kepada Harian Disway Kaltim dan Nomorsatkaltim.com di Ujoh Bilang, Rabu (2/6/2021).

Djuni menjelaskan, Kantor Kemenag Wilayah Mahulu masih menunggu pengumuman pemberangkatan calon haji itu dari pemerintah pusat atau Kementerian Agama RI.

“Ditunggu bersama, karena Kemenag RI saat ini masih menjalin komunikasi untuk bisa memastikan apakah Indonesia dapat kuota pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2021 ini atau tidak,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 5 jemaah calon haji asal Mahulu akan diberangkatkan tahun ini. Momen ini termasuk spesial. Sebab, jemaah tersebut merupakan yang pertama di Mahakam Ulu.

Baca Juga:  Kemenag Tetapkan Nilai Zakat Fitrah di Mahulu, Paling Besar 38 Ribu

Kepala Kantor Kemenag Wilayah Mahulu, Longginus mengatakan, terkait urusan haji dan umrah, juga sudah lama pendaftarannya. Tahun ini, jika tak ada aral melintang, Kantor Kemenag Mahulu untuk pertama kali dalam sejarah akan memberangkatkan bakal calon jemaah haji (calhaj).

Hingga saat ini, jumlah masyarakat muslim di Mahulu yang sudah mendaftar dan berminat untuk melaksanakan ibadah haji ada 44 orang. Sebelumnya diketahui, bahwa ada enam orang bakal calhaj yang akan berangkat beribadah haji ke Makkah. Namun satu orang tidak melunasi Ongkos Naik Haji (ONH), dan menunda pelunasannya tahun depan.

“Sehingga totalnya ada 5 orang bakal jamaah calhaj yang akan berangkat tahun ini,” urai Longginus.

Jika Arab Saudi memberikan kuota untuk calon jemaah haji Indonesia, maka keberangkatan dari Indonesia ke Makkah akan dimulai pada Juni 2021.(imy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply