alexa

Bulan Depan Liga 2 Digelar, Persiba Punya Waktu Sebulan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Persiba Balikpapan menggelar latihan perdana Selasa 1 Juni 2021. Pancoran Soccer Field bakal menjadi markas Persiba selama persiapan di Jakarta. Skuat yang dikumpulkan 90 persen masih kekuatan lama. Mengingat mereka baru satu pertandingan bermain pada 2020 lalu. Sebelum akhirnya Liga 2 dibatalkan karena status pandemi COVID-19.

Waktu yang dimiliki Persiba yakni sekira sebulan. Andai Liga 2 jadi digelar Juli mendatang. Berkaca pada musim sebelumnya, Liga 2 digelar dua pekan setelah kick-off Liga 1. Mepetnya waktu memang sedikit jadi kendala. Tapi pelatih Persiba Angel Alfredo Vera optimis bisa menemukan formula tim yang tepat.

“Ya, saya pikir kita harus berusaha cukup dengan waktu sebulan. Kita harus segera evaluasi kondisi semua pemain,” kata Vera kepada nomorsatukaltim.com.

Senada dengan sang mentor, Eddy Gunawan cukup yakin dengan waktu sebulan. Karena baginya skuat Persiba sudah sangat solid. Mayoritas pemain musim lalu termasuk dirinya masih dipakai Persiba. Membangun chemistry bisa dilakukan dengan memperbanyak uji coba.

“Kalau dilihat sekarang memang persiapan minim, satu bulan. Tapi Insya Allah cukup. Tapi ya harus benar-benar ekstra latihannya. Juga dengan banyak uji coba biar chemistry antar pemain kembali,” ujar pemain senior tersebut.

Baca Juga:  Kapten Persiba: Sudah Dua Kali Diundur Gak Jelas

Persiapan tim menjadi sangat krusial. Dari segi teknis keseluruhan pemain memang sudah saling mengenal. Tapi selama setahun mereka tanpa kompetisi bisa berdampak pada performa pemain. Mereka hanya rutin latihan dan cari lawan sparing saja. Terutama fisik yang mesti dimantapkan. Karena Liga 2 kemungkinan digelar dengan format home tournament.

Jadwal memang belum dirilis. Karena masih menunggu dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi. Tapi bisa dipastikan PSSI sudah mendapatkan izin keramaian dari Polri. Senin 31 Mei 2021, Polri memberikan izin kompetisi boleh digelar Juli mendatang. Izin tersebut diserahkan langsung. Izin  tersebut diserahkan secara simbolis kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Senin, 31 Mei, di Mabes Polri.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. PSSI siap  menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021-2022 dengan protokol kesehatan yang baik,” kata Iriawan dikutip dari laman PSSI.

Pada fase awal kompetisi musim ini diputuskan untuk digelar tanpa penonton. Namun, nantinya status ini akan ditinjau ulang berdasarkan update perkembangan Covid-19 di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Persiba Rayakan HUT Ke-70 Secara Sederhana

“Kami juga putuskan untuk kompetisi Liga 1 2021-2022 terpusat di Pulau Jawa dengan sistem bubble karena masih pademi Covid-19. PSSI berharap kompetisi nantinya berjalan lancar dan semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tambahnya. (fdl2)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply