ngopi

Bupati Mahulu Bonifasius Temui Langsung Warga Korban Kebakaran

Mahulu, nomorsatukatim.com – Sehari pasca kebakaran, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. langsung meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan 7 rumah dan 3 bangunan lainnya di RT 01 Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Pada kesempatan itu, Bonifasius juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban musibah itu, Senin (31/5/2021).

Bupati Bonifasius Belawan Geh mengatakan, Pemkab Mahulu bergerak cepat menangani korban kebakaran. Berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Penanganan dilakukan dengan cepat. Utamanya, kata Bupati, memastikan tidak ada korban jiwa dan memastikan bantuan untuk korban.

“Sudah dibangun Posko Kesehatan, Posko Bantuan, juga dapur umum di lokasi kebakaran. Untuk memastikan kesehatan dan kebutuhan pokok para korban yang tertimpa musibah dapat terpenuhi,” terangnya.

Dalam peninjauan itu, Bupati Bonfasius Belawan Geh didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Ir Dodit Agus Riyono,MP, sejumlah Kepala OPD, Danramil Long Bagun I Wayan Sudiarsa, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, serta Dansatgas Pamtas RI-Mly Yonif 614/RJP Mayor Inf Indar Irawan.

Bupati bersama rombongan melakukan pengecekan di lokasi awal terjadinya kebakaran, dilanjutkan ke posko bantuan dan posko kesehatan yang berada di halaman Markas Polsek Long Bagun.

“Musibah ini adalah garis dari Yang Maha Kuasa. Di balik musibah ini, nanti pasti ada yang terbaik lagi dikasih. Jangan sampai hal ini membuat berduka terus dan mengganggu kesehatan,” paparnya.

Bupati juga meminta agar semua stokeholder bersatu, membantu para korban kebakaran yang kehilangan rumah tempat tinggal. Bupati menyebut, apa yang dirasakan para korban kebakaran juga sangat dirasakan Pemkab Mahulu.

“Saya berharap kehadiran kami ini, bisa membantu meringankan beban pikiran. Warga yang tertimpa musibah agar tabah, bapak dan ibu serta keluarga bisa semangat dan bangkit lagi. Karena masa depan masih panjang,” ujarnya.

Bupati juga menghimbau instansi terkait dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bergerak masksimal dalam membantu warga korban musibah itu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, OPD, Camat Long Bagun, dan stakeholder yang telah bergerak cepat.

“Selanjutnya agar OPD terkait, Dinsos, Trantibumlinmas/PBD, Bagian Umum, camat, dan lainnya yang terkait, bersama mengambil langkah-langkah penanganan warga yang terkena musibah pasca kebakaran,” ucapnya.

Dipenghujung sambutannya, Bupati Bonifasius Belawan Geh mengingatkan masyarakat Mahulu, agar untuk hari-hari selanjutnya semakin waspada terhadap pemicu terjadinya kebakaran. Terutama, kata Bupati Bonifasius, sumber api yang berasal dari kelalaian manusia.

“Api kompor, tidak membuang puntung rokok pada sembarang tempat, juga arus listrik, membuang sampah tidak pada tempatnya, serta menyambung arus listrik tanpa izin dari PLN,” tandasnya. (adv/imy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply