Percasi Balikpapan Dilantik, Siap Lahirkan Penerus Chelsie

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Wagmin resmi dilantik sebagai Ketua Pengkor Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Balikpapan. Selama empat tahun ke depan banyak tugas yang mesti dijalankan. Terutama terkait pembinaan atlet untuk jangka panjang. Jangka pendek tahun ini mereka mesti meloloskan sebanyak-banyaknya altet agar mentas di Porprov VII Kaltim tahun depan di Berau.

Terkait pembinaan atlet pasti jadi tanggung jawab Percasi Balikpapan. Selama ini Balikpapan diakui sukses melahirkan atlet handal. Sebut saja Chelsie Monica. Pecatur wanita yang menyandang gelar Women International Master sempat mencuri perhatian. Usai menjadi komentator dalam podcast Deddy Corbuzier. Saat pertarungan Dewa Kipas dengan Irene Kharisma Sukandar.

Ya, Chelsie murni atlet Balikpapan. Sejumlah gelar sudah diperoleh gadis 25 tahun itu. Sekretaris Pengprov Percasi Kaltim Abdul Salim Effendi yakin Balikpapan bisa melahirkan pecatur sekelas Chelsie. Diakuinya peran orang tua di Balikpapan sendiri cukup baik untuk atlet junior. Cikal bakal pecatur nasional.

“Saya melihat peran dari orang tua atlet di Balikpapan sangat luar biasa, mereka rela mengeluarkan biaya pribadi,” terang Salim usai pelantikan yang berlangsung Ahad 30 Mei 2021.

Pra Porprov sendiri nantinya bakal digelar sekitar Juli atau Agustus di Samarinda. Kualifikasi menuju Porprov VII Kaltim itu juga akan bersamaan dengan dihelatnya kejuaraan provinsi catur junior.Ketua Pengkot Percasi Balikpapan Wagimin tetap optimistis dengan target awal.

“Saya melihat peran dari orang tua atlet di Balikpapan sangat luar biasa, mereka rela mengeluarkan biaya pribadi,” kata Wagimin.

Optimisme Wagimin tersebut bukan tanpa alasan. Jika melihat hasil Porprov VI 2018 di Kutai Timur, Balikpapan bisa mengulang kesuksean. Pun dengan kejurprov catur tahun lalu di Kutai Kartanegara. Balikpapan sukses merebut gelar juara umum. “Dari awal kita targetkan juara umum. Sampai sekarang tidak ada perubahan,” tambahnya. (fdl2)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply